Sebarkan Video Hoaks Soal Kerusuhan Papua, Penjaga Sekolah di Siak Mengaku Iseng

PERISTIWA | 8 Desember 2019 00:09 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Tim Subdit V Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau menangkap seorang penjaga sekolah di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Pria inisial IS itu diduga menyebarkan berita tidak benar atau hoaks.

Kasubdit Cyber Ditreskrimsus Polda Riau AKBP Gunar Rahadiyanto mengatakan, IS menyebarkan berita bohong di akun YouTube miliknya terkait kerusuhan di Papua, beberapa waktu lalu. Informasi itu membuat keresahan di masyarakat.

"Tersangka mem-posting video dengan menulis Masjid Agung Papua terbakar," ujar Gunar, Sabtu (6/12).

Namun kenyataannya, masjid yang terbakar itu bukanlah di Papua tapi di daerah Sulawesi Selatan. Info sesat itu, menimbulkan gejolak dan kemarahan masyarakat. "Dia mengambil video masjid terbakar di Sulawesi Selatan," ucap Gunar.

Gunar menyebutkan, perbuatan IS terungkap dari patroli dunia maya yang dilakukan Subdit V. "Setelah ditelusuri, diketahui kalau tersangka berdomisili di Kabupaten Siak," terangnya.

IS mengaku perbuatannya hanya untuk iseng semata. Dia tidak menyadari kalau postingannya menimbulkan keresahan dan kebencian antar Suku, Ras dan Antargolongan (SARA).

Atas perbuatan itu, IS ditahan sejak Kamis (6/12). "Kami tahan kemarin (Kamis) atas dugaan pelanggaran Undang-undang ITE," kata Gunar.

IS dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) junto Pasal 28 ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016, tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 (ITE) dan atau Pasal 14 ayat (1) dan (2) UU RI No 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Gunar mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dan bijak menggunakan media sosial. "Saring dulu sebelum di share," pesan Gunar. (mdk/cob)

Baca juga:
Polri: Satu Batalyon Pasukan Bakal Kalah Sama Satu Narasi
Bertemu Mahfud MD, AMSI Bicara Memerangi Hoaks
Cara Mudah Kenali Konten Hoaks, Sudah Tahu?
Tangani Kejahatan Siber dan Hoaks, Polri Dinilai Perlu Bentuk Badan Khusus
Waspadai Maraknya Info Hoaks dan Intoleransi di Media Sosial
BPIP: Penyebaran Hoaks Lemahkan Nilai Pancasila

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.