Sebelum ke Jawa, Masyarakat Bakal Jalani Tes Rapid Antigen di Pelabuhan Bakauheni

Sebelum ke Jawa, Masyarakat Bakal Jalani Tes Rapid Antigen di Pelabuhan Bakauheni
Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Gedung Graha BNPB. ©2021 Istimewa
PERISTIWA | 13 Mei 2021 17:28 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Jubir Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke Pulau Jawa dari Sumatera akan dilakukan rapid test antigen di Pelabuhan Bakauheni. Kebijakan tambahan ini demi memaksimalkan pemeriksaan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Demi memastikan screening yang maksimal maka diterapkan mekanisme testing tambahan dengan metode rapid tes antigen di Pelabuhan Bakauheni, sebagai perbatasan pulau Jawa dan Sumatera," katanya dalam jumpa pers terkait antisipasi mobilitas penduduk pasca Idulfitri, Kamis (13/5).

Untuk memperlancar hal itu, pihaknya sudah membentuk satuan tugas di Provinsi Lampung. Satgas tersebut akan memeriksa kesehatan dengan ketat untuk masyarakat yang akan balik ke Pulau Jawa.

"Tindak lanjutnya, Satgas daerah Provinsi Lampung ditunjuk membentuk Satgas khusus yang diketuai Kapolda dan diwakili Danrem setempat, Satgas ini akan melakukan pemeriksaan seluruh dokumen dan berhak melarang pelaku perjalanan menyeberang ke pulau jawa apabila tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Wiku menegaskan, kebijakan tambahan ini adalah bentuk pencegahan yang perlu ditekankan. Sehingga, pemerintah daerah memiliki andil besar untuk menyaring pelaku perjalanan sebelum melanjutkan perjalanan demi proses screening yang efektif.

"Dan kita ingin memastikan bahwa setiap orang yang melakukan mobilitas dalam keadaan sehat ditunjukkan dengan surat negatif Covid-19 dan melakukan mobilitasnya secara resmi dengan surat izin perjalanan yang dimiliki dari setiap keberangkatan ke tempat tujuan," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Polisi Rapid Test Acak 1.178 Pemudik di Lampung, 3 Dinyatakan Positif Covid-19
Deteksi Mutasi Virus Corona, Satgas Bangka Barat Imbau Warga Tak Tolak Rapid Test
Jual Beli Surat Hasil Rapid Test Antigen Palsu di Bali Terbongkar, 3 Pelaku Ditangkap
PSI: Penyalahgunaan Otoritas di Bandara Adalah Kejahatan Luar Biasa
Diotaki Sopir Ambulans, Sindikat Pemalsu Surat Rapid Tes di Sidoarjo Ditangkap Polisi

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami