Sebelum Purnatugas, Pimpinan KPK Ingin Peluk Jokowi di Hari Antikorupsi Sedunia

PERISTIWA | 8 Desember 2019 13:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang berharap Presiden Joko Widodo hadir dalam puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di gedung KPK, Jakarta Selatan pada Senin (9/12). Dia menyebut pimpinan KPK akan memeluk Jokowi sebelum habis masa jabatannya.

"Saya masih berharap hadir lah, apakah Wapres hadir atau Pak Jokowi hadir. Pak Jokowi lah yang hadir untuk bisa bersalaman terakhir kali, salam-salaman sama kami berlima. Kalau perlu meluk presidennya," kata Saut di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (8/12).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo juga berharap Presiden Jokowi menyempatkan hadir dalam puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang akan digelar di Gedung Penunjang KPK pada Senin (9/12). Agus mengaku pihaknya sudah mengundang Jokowi.

"Sebetulnya kehadiran beliau pasti kami sangat harapkan," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo saat menggelar jumpa pers.

1 dari 2 halaman

Menanti Kehadiran Jokowi

Menurut dia, kehadiran Jokowi sangat dinanti agar KPK bisa langsung memberikan laporan perkembangan aplikasi JAGA. Aplikasi tentang pencegahan korupsi ini diluncurkan oleh KPK bersama Jokowi pada 2016 lalu.

"Harapan kami ini juga bisa kami laporkan perkembangannya, karena pada 2016 saya waktu itu mendampingi Pak Jokowi meresmikan (aplikasi) JAGA ini. Waktu dengan Pak Wiranto kalau enggak salah 2016 itu," kata Agus.

2 dari 2 halaman

Soal Aplikasi JAGA

Agus mengatakan, aplikasi JAGA ini sudah berkembang sedemikian rupa. Diharapkan Agus, Jokowi bisa mendengar langsung perkembangan aplikasi yang diluncurkan langsung oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Itu sekarang sudah berkembang, jadi harapan kita ke depan platform itu menjadi pusat dari informasi layanan publik. Jadi, kami berharap beliau bisa hadir untuk melihat perkembangannya," ucap komisioner KPK itu.

Agus menyatakan, Hakordia tahun ini mengusung tema 'Bersama Melawan Korupsi, Mewujudkan Indonesia Maju'. Dengan tema ini, KPK berharap seluruh kalangan baik masyarakat maupun pemerintah untuk bersama-sama memberantas korupsi. (mdk/ray)

Baca juga:
Peringati Hari Antikorupsi, Polisi di Kepri Bagikan Makanan ke Buruh
KPK Harap Jokowi Hadiri Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019
Hari Anti Korupsi Sedunia, BEM KM Universitas Gadjah Mada Berikan Kado ke KPK
Dirut Perum Jasa Tirta Tersangka, Gerindra Nilai Revolusi Mental Jokowi Gagal
Mensesneg: Presiden Sudah Kerja Keras Kembangkan Sistem Pencegahan Korupsi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.