Sebut Indonesia Bebas Corona, Jubir Wapres Minta Arab Saudi Tidak Perlu Ragu

Sebut Indonesia Bebas Corona, Jubir Wapres Minta Arab Saudi Tidak Perlu Ragu
PERISTIWA | 29 Februari 2020 13:35 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlawi mengatakan Indonesia bebas dari virus Corona. Hal tersebut diungkapkan sebagai respons dari Kerajaan Arab Saudi yang menghentikan sementara umrah untuk mengantisipasi penyebaran Corona.

"Tidak perlu ragu bahwa Indonesia adalah negeri yang sama dengan Arab Saudi yakni bebas dari corona," kata Masduki Baidlawi dalam diskusi 'Bagaimana jalan keluar akibat kebijakan Arab Saudi yang menghentikan sementara penerbangan masuk ke negerinya akibat virus korona' di The Maj Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2).

Dia berharap Arab Saudi mengizinkan jemaah umrah asal Indonesia untuk melaksanakan rangkaian ibadah sunnah di Tanah Suci.

Menurutnya, sebanyak 2.300 lebih jemaah gagal berangkat umrah karena dampak kebijakan penghentian sementara dari Kerajaan Arab Saudi. Dari jumlah tersebut, 1.600 jemaah tertahan di sejumlah lokasi transit.

"Kita yakinkan, jemaah tidak akan kehilangan apa pun, ibadah tetap sesuai rencana tapi tertunda," sebutnya.

Dia berharap pemerintah sedang melakukan negosiasi dengan Kerajaan Arab Saudi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. "Negosiasi terus dilakukan, mudah-mudahan ini bisa cepat berlalu dan para jemaah bisa cepat melakukan ibadah umrah," tutupnya.

Diketahui, Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jemaah umrah dari sejumlah negara. Hal itu sebagai langkah antisipasi terkait maraknya penyebaran virus korona atau Covid-19 di seluruh dunia.

Berikut negara yang dicegah memasuki Saudi untuk sementara waktu: China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam. (mdk/cob)

Baca juga:
Penerbangan Umrah ke Arab Saudi Kembali Dibuka 14 Maret 2020
KJRI Istanbul Fasilitasi Pemulangan 222 Jemaah Umrah ke Indonesia
Terlanjur Terbang Ke Arab Saudi, Ratusan Calon Jemaah Umrah Dipulangkan Hari ini
60 Jamaah Umroh yang ada di Dubai, akan Dipulangkan ke Bali
Tantangan Indonesia Selamatkan Sektor Pariwisata dari Virus Corona
60 Jemaah Umrah di Bali Terancam Batal ke Tanah Suci

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami