Sedang Ubah Pelat Nomor Motor Hasil Curian, Begal di OKI Dibekuk

Sedang Ubah Pelat Nomor Motor Hasil Curian, Begal di OKI Dibekuk
PERISTIWA | 23 November 2020 23:02 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Riki (28) ditangkap polisi saat sedang mengubah ciri-ciri dari sepeda motor hasil kejahatan. Kini petugas memburu seorang rekannya, NG, yang sama-sama menjadi spesialis begal.

Pelaku telah tujuh kali beraksi dan semuanya mendapatkan hasil. Terakhir, mereka membegal pengendara motor, Suakat, saat melintas di SP II, Desa Muara Burnai 1 R7, Kecamatan Lempuing Jaya, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Minggu (22/11) pukul 04.00 WIB.

Para pelaku mengadang korban yang mengendarai sepeda motor dan menodongkan sebilah parang. Pelaku merampas sepeda motor Yamaha Jupiter Z dan tas milik korban.

Kasubag Humas Polres OKI AKP Iryansyah mengungkapkan, pelaku ditangkap sedang berusaha menghilangkan tanda-tanda motor curian dengan cara mengecat dengan warna lain di rumahnya di Desa Tugu Mulyo, Kecamatan Lempuing, OKI. Penangkapan hanya dalam kurun waktu enam jam setelah kejadian.

"Begitu menerima laporan petugas langsung bergerak. Ternyata tersangka sedang mengecat motor korban dengan warna lain agar tidak dicurigai," ungkap Iryansyah, Senin (23/11).

Dari pengakuan tersangka, dia dan rekannya sudah tujuh kali melakukan aksi begal di beberapa lokasi. Mereka merampas sepeda motor dan semua barang bawaan korban.

"Modusnya sama, menodong pemotor dengan parang dan dilakukan saat dini hari sampai Shubuh. Barang bukti mereka jual setelah diubah ciri-cirinya," ujarnya.

Atas perbuatannya, petani itu dikenakan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan yang diancam tujuh tahun penjara. Sementara pelaku NG sedang dilakukan pengejaran di sekitar kampungnya di Desa Bambu Kuning, Kecamatan Lempuing, OKI.

"Kami kembangkan juga kasus ini karena diduga masih ada komplotan begal lain yang pernah beraksi bersama tersangka Riki," pungkasnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Jadi Korban Begal, Warga OKI Tewas Ditembak depan Anak dan Istri
Dibacok Begal, Pengemudi Ojol Pertahankan Motor Meski HP dan Dompet Raib
Begal dan Pembunuh Teman Pura-Pura Ikut Cari Mayat Korban Bersama Warga
5 Sekawan Begal dan Bunuh Teman Sendiri Demi Dapatkan Motor
Bermodal Dompet Kosong, Residivis Bawa Kabur 5 Motor Ojek Online
Aksi Dipergoki Satpam Perumahan, Begal Motor di Bekasi Todongkan Pistol

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami