Seekor Paus terdampar di Sungai Ujungmanik Cilacap

Seekor Paus terdampar di Sungai Ujungmanik Cilacap
PERISTIWA | 22 Desember 2019 05:03 Reporter : Abdul Aziz

Merdeka.com - Seekor ikan paus terdampar di sungai Ujungmanik, Kawunganten, Cilacap, Sabtu (21/12). Paus itu ditemukan dalam kondisi terjebak di pohon bakau dan nipah tersebut. Kejadian ini pertama kali diketahui oleh warga setempat sekitar pukul 06.00 WIB.

"Panjang sekitar 8 meter. Lebar 1,5 meter. Pertama kali Paus diketahui oleh warga yang hendak memancing," kata Kepala Desa Ujungmanik, Sugeng Budiyatno melalui sambungan telepon, Sabtu (21/12).

Sugeng mengatakan belum diketahui pasti penyebab terdamparnya paus. Terdamparnya paus di perairan Ujungmanik ini pertama kali terjadi. "Baru kali ini terjadi," kata Sugeng.

Proses evakuasi paus dilakukan oleh 30-an orang warga setempat dan anggota Polsek Kawunganten. Proses evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam. Saat evakuasi, paus sempat membenturkan badannya ke perahu nelayan.

"Ditarik oleh tambang oleh warga. Jam 10 pagi baru berhasil didorong ke tengah sungai," lanjut Sugeng.

Ikan paus terdampar tersebut berhasil diarahkan ke wilayah pelawangan timur, perairan Sapunakel. Paus terdampar tersebut berhasil didorong ke laut lepas. (mdk/ray)

Baca juga:
Paus Mati di Skotlandia, Perutnya Berisi 100 Kg Sampah dari Tali Sampai Jaring
Paus Bungkuk Sepanjang 10 Meter Ditemukan Mati di Pantai Balikpapan
Penampakan Belasan Ekor Paus yang Terdampar di Pantai Selatan NTT
Hiu Bintang 7 Meter Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Wanasalam
Paus Pembunuh Mati Terdampar di Pantai Argentina

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami