Seekor Paus Terdorong Ombak hingga Perairan Karawang

PERISTIWA | 21 Januari 2020 01:03 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Seekor Paus muncul di perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kemunculan pertama di perairan Pakisjaya. Kedua di perairan Cemarajaya, Desa Cemarajaya, Kecamatan Pedes. Paus ini diduga bermigrasi mencari makanan di sekitar perairan Karawang.

Aktivis Ekplore Karawang Hadid Suherman mengatakan, fenomena paus di perairan Karawang bukan hal baru, tetapi terjadi setiap tahun antara bulan Januari hingga Maret. Biasanya mamalia ini akan beradaptasi di lingkungan baru dengan tingkah laku muncul ke permukaan.

"Paus beradaptasi dengan lingkungan air dengan menunjukkan tingkah laku tertentu. Ini dikenal dengan istilah adaptasi tingkah laku hewan air," kata Hadid, Senin (19/1).

Untuk mempertahankan kelangsungan hidup, paus muncul ke permukaan untuk menghirup oksigen. Kemudian kembali ke dalam laut. Diduga karena minimnya oksigen di dasar laut akibat tingginya gelombang yang dipicu tingginya kecepatan angin, menyebabkan menurunnya kandungan oksigen di perairan dalam.

"Karena inilah paus kemudian bermigrasi ke permukaan air laut untuk mencari oksigen dan terdorong ombak pantai," katanya.

Sebetulnya dari hasil analisa selama empat tahun terakhir, paus akan muncul ke permukaan pada bulan Januari hingga Maret, saat gelombang tinggi.

"Selama empat tahun terakhir, kita sering analisa perairan Karawang, ikan paus sebetulnya kerap muncul," jelasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Badan Paus 14 Meter di Asahan Dikubur, Tulang Dibawa ke Museum Rahmat Gallery Medan
Paus Sepanjang 14 Meter Mati Terdampar di dekat Pantai Asahan
Wujud Paus Bungkuk 14 Meter yang Mati Terdampar di Asahan
Paus Terdampar di Asahan, Nelayan Giring ke Laut Lepas
Seekor Paus terdampar di Sungai Ujungmanik Cilacap
Paus Mati di Skotlandia, Perutnya Berisi 100 Kg Sampah dari Tali Sampai Jaring

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.