Seekor Penyu Belimbing Mati Terdampar di Sabu Raijua

Seekor Penyu Belimbing Mati Terdampar di Sabu Raijua
PERISTIWA | 1 Juli 2020 00:31 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Seekor Penyu Belimbing ditemukan tewas di pantai Hairawu, Desa Raedewa, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

Penyu Belimbing itu ditemukan oleh dua orang warga setempat atas nama Benyamin Bunga dan Apri Zakarias Jingi, Minggu (30/6) Pukul 19.30 Wita.

Kapolres Sabu Raijua, AKBP Jacob Seubelan menjelaskan, Benyamin Bunga dan Apri Zakarias Jingi temukan penyu tersebut terdampar di pinggir pantai, saat pulang memancing.

Sehingga Selasa (30/6), sekitar pukul 13.30 Wita, Sat Intelkam Polres Sabu Raijua melakukan giat penggalangan terhadap warga pesisir pantai Hairawu, berkaitan dengan penemuan Penyu Belimbing yang mati tersebut.

"Bahwa penyu tersebut ditemukan terdampar dipinggir pantai sudah dalam keadaan mati, sehingga atas hal tersebut kedua orang tersebut meminta bantuan beberapa warga yang saat itu ada di pesisir pantai untuk menarik Penyu tersebut ketepi pantai," katanya.

Masih menurut Kapolres Jacob, setelah Penyu tersebut sudah di tepi pantai, Benyamin Bunga kemudian meminta bantuan ke saudarinya bernama Sakina Hia Radja untuk melaporkan temuan itu kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sabu Raijua, untuk ditangani lebih lanjut.

"Pada hari Senin tanggal 29 Juni 2020, Sekitar Pukul 12.00 Wita beberapa warga pesisir pantai Desa Raedewa bersama pihak Dinas Kelautan dan Perikanan, yang diwakili oleh Ani Miha Balo, melakukan penguburan terhadap Penyu Belimbing tersebut di pantai Hairawu," ungkapnya.

Sebelum dikuburkan, Dinas Perikanan dan Kelautan melakukan pengukuran dan pemeriksaan terhadap Penyu itu antara lain, Panjang 165 cm, Panjang Karapas 132 cm, Lebar Karapas 91 cm, Panjang Kepala 20 cm, Lebar Kepala 19 cm, Panjang Kaki Depan 73 cm, Lebar Kaki Depan 26 cm, Tinggi Kepala Kurang lebih 20 cm dan Tinggi Punggung 39 cm (mdk/rhm)

Baca juga:
Harimau Sumatera di Aceh Diduga Mati Diracun
Tekan Hama Tanaman, Masyarakat Kediri Lepas Satwa Predator
Kerap Memangsa Hewan Ternak, Warga Tangkap Macan Tutul Gunung Sawal
Nasib Burung Maleo di Tengah Pandemi, Hewan Endemik yang Kini Dijaga Ketat Petugas
Habitat Dirusak, Orangutan Masuk ke Permukiman Warga Kotawaringin Timur
Petugas BKSDA Lepas Harimau Sumatera ke Hutan Aceh

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5