Sejumlah Ambulans Didonasikan untuk Bantu Penanganan Covid-19 di Daerah Terpencil

Sejumlah Ambulans Didonasikan untuk Bantu Penanganan Covid-19 di Daerah Terpencil
Bantuan ambulans untuk penanganan Covid-19. Istimewa
NEWS | 29 November 2021 19:22 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Pemerintah mendapat bantuan 20 unit ambulans dan ribuan paket sembako dalam upaya menangani kasus Covid-19. Bantuan tersebut berasal dari Minamas Plantation melalui inisiatif CSR Minamas Peduli Negeri. Dua ambulans dan 500 paket sembako diserahkan kepada Kementerian Pertanian (Kementan) untuk disalurkan kepada instansi kesehatan dan masyarakat terdampak Covid-19. Sedangkan 18 ambulans dan 4.100 paket sembako lainnya akan didonasikan ke pemerintah daerah, pemerintah pusat dan pihak yayasan.

"Pandemi Covid-19 telah berdampak luas kepada banyak kelompok masyarakat tidak hanya pada aspek kesehatan, melainkan juga pada aspek ekonomi sosial. Untuk itu, Minamas Plantation berharap bahwa kontribusi ini dapat menjadi sarana pendukung medis yang bisa menjangkau masyarakat luas berada di remote area, serta dalam menjadi komitmen jangka panjang Minamas Plantation terhadap masyarakat," kata Direktur Minamas Plantation Yustinus L Setyo Putro dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (29/11).

Menurutnya, situasi pandemi saat ini membuat semua pihak harus saling bahu-membahu dan juga membantu agar tercipta keharmonisan. "Khususnya di tengah situasi yang tidak mudah," lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kementan Kasdi Subagyono mengatakan pengendalian Covid-19 membutuhkan kerja sama erat antara pemerintah dan pemangku kepentingan lain seperti swasta dan masyarakat.

"Kerja sama ini salah satu wujud dari komitmen Minamas Plantation dalam memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Minamas Plantation karena telah berpartisipasi dan membantu kami dalam menanggulangi pandemi ini, khususnya dalam membantu menjaga kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan," ujar Kasdi Subagyono dalam kesempatan terpisah.

Sedangkan menurut Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono, bantuan yang diberikan oleh Minamas merupakan salah satu bentuk kepedulian dari anggota Gapki.

"Gapki sebagai asosiasi dan para anggota sejak timbulnya Pandemi Covid-19 telah memberikan bantuan dalam bentuk obat-obatan peralatan rumah sakit, sabun dan hand sanitizer, ambulans, bantuan sembako di cabang-cabang dan lokasi anggota Gapki serta melalui Kementerian KLHK dan Kementerian/Ditjenbun tahun lalu. Gapki dan anggotanya saat ini juga terus membantu dengan pemberian paket sembako korban Banjir di Kalimantan Barat," kata Joko Supriyono.

Hingga kini, Minamas Plantation sudah menyerahkan bantuan dalam penanggulangan Covid-19 di tujuh provinsi, khususnya di Sumatera dan Kalimantan. Sebanyak 20 unit ambulans, 9.600 paket dalam bentuk sembako, masker, alat pelindung diri (APD), cairan disinfektan, hand sanitizier, 2.600 liter minyak goreng serta 1.000 masker kain yang didistribusikan kepada masyarakat dan pemerintah dengan nilai yang mencapai kurang lebih Rp10 miliar. Selain itu juga memberikan vaksin kepada sebanyak 5.000 penerima (10.000 dosis vaksin), dan dilaksanakan secara bertahap sejak juli 2021. Selanjutnya ditargetkan sebanyak 11.864 dosis vaksin juga akan diberikan kepada 5.932 penerima.

Baca juga:
Wagub DKI Soal Reuni PA 212: Kami Hormati, Tapi Kita Masih Pandemi
Bangkit dari Pandemi, Ini Sederet Terobosan Pemkot Medan Bantu UMKM
Soal Izin Reuni 212, Polri Masih Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19
Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Cegah Varian Omicron di Filipina
Warga Sukabumi Positif Covid-19 Usai Pulang dari Arab Saudi
Mengenal Omicron, Varian Baru Virus Covid-19 yang Perlu Diwaspadai

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami