Sejumlah Daerah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Sejumlah Daerah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat
Ilustrasi hujan. ©Pixabay/PublicDomainPictures
NEWS | 22 November 2021 07:52 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan hujan yang mengguyur disertai kilat/petir dan angin kencang.

Adapun daerah yang berpotensi diguyur hujan yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta. Demikian dikutip dari Antara, Senin (22/11).

Cuaca serupa diprakirakan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di wilayah Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Perairan Selatan Jawa Barat, Samudra Hindia Barat Kepulauan Enggano hingga Lampung, dan Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Barat.

Masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir dan bidang pelayaran diimbau untuk memperhatikan peringatan gelombang laut tersebut. (mdk/lia)

Baca juga:
BMKG Susun Rencana Aksi Nasional Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim
Kepala BMKG: Indonesia Sangat Rentan Terdampak Perubahan Iklim
Fenomena Water Spout di Perairan Buleleng Bali Jadi Tontonan Warga
BMKG Prediksi Hujan Lebat, 8 Kecamatan di NTT Berstatus Waspada Banjir
Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan sejak Siang hingga Malam Hari
Analisa BMKG Soal Dugaan Kebakaran Kilang Pertamina di Cilacap Akibat Petir

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami