Sejumlah Kerusakan dan Perbaikan Sriwijaya Air SJ-182 Sebelum Kecelakaan

Sejumlah Kerusakan dan Perbaikan Sriwijaya Air SJ-182 Sebelum Kecelakaan
Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 dihentikan. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
PERISTIWA | 10 Februari 2021 16:09 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis laporan pendahuluan terkait kecelakaan pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di sekitar perairan pulau Laki dan Lan Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta pada 9 Januari 2021.

Ketua Sub Komite IK Penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo menyampaikan terkait hasil investigasi berdasarkan data perawatan pesawat Sriwijaya SJ-182 tersebut. Pihaknya menemukan adanya penundaan perbaikan pada 25 Desember 2020.

"Investigasi menemukan ada 2 kerusakan yang ditunda perbaikannya (defferen maintenance item atau DMI) sejak 25 desember 2020. Penundaan perbaikan adalah hal yang sesuai dengan ketentuan pemberangkatan (dispatch) penerbangan," jelasnya, Rabu (10/2).

Namun demikian, Nurcahyono menjelaskan jika penundaan perbaikan harus memenuhi kewajiban Minimum Equipmenr List (MEL). Sedangkan pada 25 Desember 2020 perbaikan pada penunjukan kecepatan (mach/ airspeed indicator) pada bagian kanan yang rusak belum berhasil. Maka dimasukkan ke dalam daftar penundaan perbaikan kategori c sesuai dengan MEL

"Untuk kategori c penundaan perbaikan boleh sampai 10 hari. Dan pada 3 januari 2021, pilot melaporkan autothrottle tidak berfungsi dan dilakukan perbaikan dengan hasil baik," jelasnya.

Namun demikian pada 4 Januari 2021, autothrottle kembali dilaporkan tidak berfungsi. Maka perbaikan kembali dilakukan dan dilakukan penggantian pada indikator sehingga autothrottle dapat berfungsi kembali.

"5 Januari perbaikan dilakukan hasilnya baik, DMI ditutup. Tidak ditemukan catatan adanya DMI di buku catatan perawatan (aircraft Maintenance Log) sampai tanggal 9 Januari 2021," jelasnya.

Lebih lanjut terkait investigasi lain berdasarkan data cuaca, Nurcahyo menjelaskan bahwa dari temuan awal diketahui jika area listas pesawat Sriwijaya SJ 182 memiliki dBZ yang rendah.

"Jika dilihat tampak bahwa pesawat SJ182 melintasi area dengan nilai dbz yang rendah (

Baca Selanjutnya: Autopilot Tak Berfungsi...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami