Sejumlah Tokoh Hadiri Tahlilan di Rumah BJ Habibie

PERISTIWA | 12 September 2019 20:07 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sejumlah tokoh menghadiri tahlilan dan doa bersama untuk mendiang Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Tahlilan digelar di rumah duka, Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Pantauan di lapangan, warga kerabat dan para tokoh mulai berdatangan ke rumah duka. Dua tokoh yang terlihat di antaranya Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri.

Dia tiba pukul 19.03 WIB. Rachmawati duduk dikursi roda. Dia mengenakan pakaian serba hitam. Sejumlah orang pun mengawal ke dalam.

Tak lama berselang, hadir Cendekiawan muslim Jimly Asshiddiqie terlihat di tengah-tengah jemaah.

Sebelumnya, Putra BJ Habibie, Ilham Habibie menyebut tahlilan akan dilaksanakan selama 40 hari. Tahlilan dan doa bersama digelar di kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

"Ya malam ini ada tahlilan, dan saya kira hari-hari ke depan juga tahlilan," ujar Ilham usai pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis.

Ilham mengatakan, tahlilan akan digelar selama 40 hari karena sudah menjadi tradisi keluarganya. Menurut Ilham, pada saat Ainun Habibie wafat, prosesi tahlilan juga digelar selama 40 hari.

"Mungkin sampai 40 hari ke depan, setiap hari akan tahlilan. Jadi ini seperti mengopi pada saat ibu wafat dulu. Waktu itu juga tiap hari sampai dengan hari ke 40 itu," kata anak sulung BJ Habibie itu.

Reporter: Ady Anugrahadi

Baca juga:
Ilham Habibie Kenang Ayahnya Hafal Jumlah Hari Ditinggalkan Ainun
Perayaan Kemerdekaan Malaysia Diawali Alfatihah dan Hening Cipta untuk BJ Habibie
VIDEO: Menteri Basuki Tak Sempat Laporkan Pembangunan Jembatan Habibie
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun di Parepare Dipenuhi Karangan Bunga
Cerita Eks Ajudan Terharu Lihat Kemesraan Habibie-Ainun Seperti Pengantin Baru

(mdk/ray)