Sejumlah TPS di Banten Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

PERISTIWA | 18 April 2019 22:00 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan ada potensi pemungutan suara ulang (PSU) di Banten. Berdasarkan catatan Bawaslu, baru ada dua TPS yang berpotensi dilakukan PSU. Hal ini menyusul ditemukannya pelanggaran pada tahap pemungutan suara.

Di antara pelanggaran yang ditemukan adalah adanya pemilih dari luar daerah tidak memenuhi syarat untuk memilih, namun sudah terlanjur memberikan hak pilihnya. Temuan itu terjadi di TPS 5 Cipocok Jaya Kota Serang dan TPS 1 Desa Bunar, Kecamatan Suka Mulya, Kabupaten Tangerang.

"Kemungkinan besar itu ada PSU tapi kita masih tunggu rekomendasi tertulis, ya kita laksanakan saja karena waktu maksimal 10 hari PSU itu. Kita juga sudah perintahkan di KPU Kabupaten/Kota yang berpotensi PSU supaya dipersiapkan ulang," kata Komisioner KPU Banten Mashudi kepada wartawan, Kamis (18/4).

KPU sudah memerintahkan pihak penyelenggara di daerah untuk mempersiapkan pelaksanaan PSU, jika keputusan Bawaslu dan KPU sudah keluar.

"PSU itu diikuti oleh pemilih yang sudah terdaftar, jadi enggak ada pendaftaran ulang. Kemungkinan di beberapa titik itu ada penghitungan suara ulang," terangnya.

Baca juga:
Kekurangan Logistik, 4 Kabupaten di Kaltim Pemilu Susulan 20 April
Moeldoko Minta Tak Ada Upaya Provokasi Sebelum Pengumuman Pilpres 2019 dari KPU
Usai Pilpres, Saham Saratoga Milik Sandiaga Uno Tumbang
Ma'ruf Amin soal Pemenang Pilpres 2019: Kita Tunggu KPU yang Menentukan
Bos Lippo Karawaci Prediksi Ekonomi Kembali Pulih Usai Pilpres 2019

(mdk/cob)