Sejumlah Wilayah Jabar Dilanda Banjir, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Siaga 1

Sejumlah Wilayah Jabar Dilanda Banjir, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Siaga 1
Banjir di Karawang. ©2020 Merdeka.com/Bram Salam
PERISTIWA | 21 Februari 2021 20:43 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Hujan yang menerjang Jawa Barat pada sepekan ini membuat beberapa daerah terdampak banjir. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta bupati wali kota menetapkan siaga satu untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang diprediksi hingga akhir Februari.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat per Minggu (21/2) mencatat banjir menerjang di Kabupaten Subang, banjir berdampak pada 18 kecamatan dengan total 1.231 rumah dan dua orang meninggal dunia.

Kemudian di Kabupaten Karawang, banjir berdampak pada 9 kecamatan dengan total 315 rumah. Lalu di Kabupaten Bekasi banjir berdampak pada 19 kecamatan dengan total keluarga terdampak 25.175 KK.

Selanjutnya Kota Bekasi banjir berdampak pada 11 kecamatan dengan total warga terdampak 1.459 KK. Kemudian Kota Depok banjir berdampak pada satu kecamatan. Kabupaten Cirebon tiga kecamatan. Kabupaten Bogor banjir berdampak pada dua kecamatan dengan total 456 KK.

Ridwan Kamil menyebut ada sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat untuk menanggulangi permasalahan banjir. Salah satunya adalah merampungkan beberapa proyek sodetan untuk mencegah meluapnya air di Sungai Citarum, hingga beberapa bendungan di Subang yang saat ini progressnya 50 persen.

Hanya saja, ia tidak ingin sesumbar bahwa beberapa proyek tersebut bisa langsung membuat permasalahan atau bencana hidrologi bisa tuntas.

"Bahasa saya selalu untuk mengurangi, kalau dibilang menyelesaikan itu terlalu gegabah," kata Ridwan Kamil.

Di sisi lain, ia menyebut bahwa curah hujan yang tinggi diprediksi terjadi hingga akhir Februari. Ini perlu disikapi dengan antisipasi dan kebijakan tanggap darurat.

"Saya titip kepada bupati dan walikota untuk siaga satu, terutama daerah tengah ke utara, yang sifatnya banjir dan tengah ke selatan yang sifatnya rata-rata longsor oleh air," pungkas Ridwan Kamil. (mdk/gil)

Baca juga:
Ridwan Kamil Beri Keringanan Tempat Perawatan Pasien Covid-19 Dilanda Banjir
2 Hari Mengungsi di Sekolahan Akibat Banjir
Banjir di Pasar Kemis Tangerang Belum Surut, Warga Bertahan di Posko Pengungsian
Sempat Surut, Banjir Kembali Rendam Permukiman di Tanah Rendah
Anies Berkisah Keluarga Bagikan Makanan untuk Korban Banjir 'Dalam Senyap'
Jalur Masih Tergenang, Perjalanan Kereta API Tujuan Jakarta dari Solo Dibatalkan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami