Sekolah Dasar di Berau Terbakar Akibat Siswa Bakar Rak Telur

Sekolah Dasar di Berau Terbakar Akibat Siswa Bakar Rak Telur
PERISTIWA | 7 Februari 2020 09:49 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Lima ruang belajar SDN 001 Long Laai, yang berada di pedalaman kecamatan Segah, kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ludes terbakar. Kejadian bermula saat para siswa membakar rak telur dan rumput di pagi hari.

Tujuannya agar asap mengusir binatang kecil yang kerap membuat badan gatal saat proses belajar berlangsung. Peristiwa itu terjadi Kamis (6/2) siang kemarin, sekira pukul 12.30 WITA.

"Waktu jam belajar banyak agas (binatang kecil yang kerap bikin gatal). Jadi anak-anak buat asap. Karena bangunan kelas kan ada kolongnya," kata Camat Segah Eden Ezer, dikonfirmasi wartawan dari Tanjung Redeb, Berau, Kamis (6/2).

Setelah rumput dan rak telur dibakar, siswa lupa memadamkan titik apinya. Sekitar pukul 12.00 WIB, para siswa langsung pulang ke rumah masing-masing.

"Sekitar jam 12.30, api menyala. Anak-anak sudah pulang sebelumnya," ujar Eden.

1 dari 1 halaman

Sekolah Long Laai yang berada di seberang sungai di Segah, membuat pemadam kebakaran yang berada di kecamatan sulit menjangkau lokasi kejadian. Jarak antara sekolah dengan kecamatan sekitar 3 jam bila menggunakan jalur darat.

Pemadaman api di sekolah akhirnya hanya dilakukan oleh warga setempat menggunakan peralatan seadanya. Kendati demikian, 2 bangunan sekolah tidak terselamatkan.

"Yang terbakar, 2 gedung 5 kelas. Kelas I sampai kelas V. Sebagian buku-buku murid terbakar. Sebagian lagi buku ada di Perpustakaan dan kantor sekolah yang tidak ikut terbakar," terang Eden.

Eden memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dari peristiwa itu. Rencananya, murid diungsikan sementara ke bangunan Perpustakaan, agar kegiatan belajar tetap berjalan.

"Dibuat sekat-sekat di perpustakaan. Untuk sementara, kegiatan belajar murid digabung dulu," tutup Eden. (mdk/ray)

Baca juga:
50 Rumah Hangus Terbakar di Taman Sari
Kebakaran Terjadi di Pemukiman Warga Taman Sari
2 Rumah di Jalan Pelajar Medan Diamuk Si Jago Merah
Mahfud MD Klaim Kebakaran Lahan di Indonesia Semakin Sedikit
Toko Material di Medan Terbakar, 3 Orang Terluka
Indonesia Kirim Pasukan Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Australia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5