Sekolah Mau Dibuka, Federasi Guru Ingatkan Kebijakan Jangan Bikin Bingung

Sekolah Mau Dibuka, Federasi Guru Ingatkan Kebijakan Jangan Bikin Bingung
PERISTIWA | 28 Mei 2020 16:47 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Pemerintah berencana kembali membuka sekolah, meskipun virus Covid-19 belum bisa dikendalikan. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) memberikan sejumlah catatan.

FSGI meminta komunikasi, koordinasi, dan pendataan terkait penyebaran Covid-19 antara pemerintah pusat dan daerah harus diperbaiki. Sebab pemerintah daerah adalah yang paling memahami daerah tersebut.

"Maka kami mendukung pernyataan Nadiem Makarim yang menunggu keputusan dari Gugus Tugas Covid-19 terkait mana wilayah yang benar-benar zona hijau dan yang tidak," ujar Wasekjen FSGI Fahriza Tanjung pada keterangan tertulisnya, Kamis (28/5).

Fahriza mengungkapkan, saat ini penting bagi pemerintah memutuskan siapa yang berwenang menetapkan dibukanya kembali sekolah.

Dia mencontohkan, Pemerintah Kota Bukittinggi telah mewacanakan kembali membuka sekolah pada pertengahan Juli nanti.

"Padahal di sisi lain pemerintah pusat belum memutuskan. Alhasil para siswa, guru, dan orangtua pun bingung. Ini yang mesti segera dibenahi. Jangan sampai daerah berjalan sendiri-sendiri, membuka sekolah Juli tanpa koordinasi dengan pusat, akan mengorbankan siswa dan guru," tuturnya.

Fahriza yang merupakan guru SMK Negeri di Medan menilai, jika seandainya penetapan membuka kembali sekolah di zona hijau sudah benar valid dan meyakinkan. Maka FSGI meminta dinas pendidikan dan sekolah harus menyiapkan berbagai sarana kesehatan pendukung.

Sarana kesehatan itu, meliputi ketersediaan handsanitizer di tiap ruangan, sabun cuci tangan, perbanyak keran cuci tangan, semua warga sekolah wajib mengenakan masker, penyediaan APD di UKS/klinik sekolah, dan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat.

"Begitu pula Kemdikbud harus segera membuat Pedoman Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dikombinasikan dengan Protokol Kesehatan. Sebab MPLS kali ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” tutur dia.

Baca Selanjutnya: Penilaian Bagi Siswa Selama Pandemi...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami