Selain ke Myanmar, Jokowi utus Menlu ke Bangladesh bantu Rohingya

PERISTIWA | 3 September 2017 21:29 Reporter : Rizky Andwika

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah Indonesia tak hanya sekedar melakukan kecaman terhadap aksi kekerasan terhadap warga Rohingya di Rakhine State Myanmar. Jokowi menegaskan pemerintah Indonesia mengambil peran membantu etnis Rohingya.

Jokowi telah mengutus Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi untuk terbang ke Myanmar guna menemui otoritas setempat. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta Menteri Retno untuk terbang ke Bangladesh yang dijadikan lokasi pengungsian oleh warga Rohingya.

"Saya juga menugaskan Menlu untuk terbang ke Dhaka di Bangladesh," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (3/9).

Jokowi menjelaskan kedatangan Menteri Retno ke lokasi pengungsian dalam rangka menyiapkan bantuan kemanusiaan yang diperlukan oleh para pengungsi.

"Kita harapkan minggu ini kita akan mengirim lagi bantuan makanan dan obat-obatan," ujarnya.

Menurut Jokowi, pemerintah Indonesia saat bulan Januari dan Februari lalu telah mengirimkan sejumlah bantuan, berupa makanan dan obat-obatan yang mencapai sepuluh kontainer.

"Juga telah membangun sekolah di Rakhine state dan juga segera membangun rumah sakit yang akan dimulai bulan Oktober yang akan datang di Rakhine State," tukasnya. (mdk/did)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.