Selama Dua Hari, Pemkot Solo Tertibkan 465 Alat Peraga Kampanye Liar

PERISTIWA | 5 Desember 2018 11:14 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Dalam beberapa hari terakhir, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo gencar melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) di seluruh wilayah kota. Lokasi terlarang pemasangan alat peraga atau white area menjadi sasaran utama.

Hingga Rabu (4/12), ratusan APK liar berhasil ditertibkan tim gabungan Satpol PP, Kesbangpol, Kepolisian, TNI, KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Penertiban kembali dilakukan di wilayah Kecamatan Jebres dan Banjarsari. Setelah sebelumnya penertiban dilakukan di wilayah Serengan, Laweyan dan Pasarkliwon. Petugas langsung menurunkan satu per satu atribut yang terpasang dan menyalahi aturan.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Solo, Joko Setiawan mengatakan operasi penertiban APK selama dua hari terakhir berhasil mengamankan 465 APK berupa bendera maupun MMT.

"Ada ratusan APK yang sudah kita turunkan. Kebanyakan dipasang di kawasan terlarang," ujar Joko Setiawan.

Joko menerangkan, pemasangan APK telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Yakni hanya diperbolehkan pada lokasi tertentu selama masa kampanye, termasuk ketentuan ukuran serta materi kampanye.

Selain dilarang dipasang di white area, kata Joko, dari sisi estetika pemasangan APK juga dilarang ditempel di pohon dan di taman.

"Kita akan melakukan penertiban APK hingga menjelang masa tenang. Ratusan APK kita amankan di kantor Satpol PP. Atribut itu bisa diambil kembali oleh parpol maupun caleg dengan izin dari (Bawaslu)," katanya.

Terpisah, Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Solo, Poppy Kusuma menyampaikan, pihaknya akan menempelkan stiker terhadap APK yang dipasang di luar ketentuan.

"Stiker yang kita tempel sebagai tanda bahwa pemasangan APK salah dan harus dicopot. Untuk yang melanggar, kita beri teguran," tegasnya.

Baca juga:
Sandiaga Klaim Sudah Kunjungi 800 Lokasi Selama 3 Bulan Kampanye
Beda Pileg, Beda Pilpres
Pemilih Belum Melek Kampanye Caleg
Susah Payah Caleg Curi Suara
Iklan Kampanye Jokowi Raih Piala Citra Pariwara

(mdk/ray)