Selama Juli Ada 4 Gunung Api di Indonesia Berstatus Siaga

PERISTIWA | 31 Juli 2019 23:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan sebanyak empat gunung berapi di Indonesia pada bulan Juli ini berada dalam status siaga.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana mengatakan, gunung-gunung tersebut antara lain Gunung Sinabung, Gunung Agung, Gunung Karangetang dan Gunung Soputan.

Devy menambahkan, selama bulan Juli ini terdapat 16 gunung api yang berada di level dua atau waspada. Dan, 49 gunung api berstatus normal atau level 1.

"Selama bulan Juli terjadi 5 erupsi gunung api, tadi tambah satu Kerinci jadi 6 ya jumlahnya," katanya.

Gunung-gunung tersebut ialah Gunung Anak Krakatau yang mengalami erupsi sebanyak 38 kali. Lalu ada juga Gunung Ibu di Halmahera mengalami 2852 kali.

"(Gunung) Dukono juga di Halmahera empat kali dan Semeru 697 kali dan Tangkuban Parahu satu kali dam tadi Kerinci satu kali," papar Devy.

Sebagai informasi, level 4 atau status waspada gunung api menandakan aktivitas gunung api makin meningkat dan kemungkinan erupsi terjadi lebih besar. Ancaman pada level ini, yakni erupsi yang meluas, tapi tidak mengancam permukiman penduduk.

Baca juga:
Status Gunung Kerinci Tetap Waspada Usai Erupsi
Gunung Kerinci Erupsi, Kemenhub Pastikan Penerbangan di Jambi Beroperasi Normal
Gunung Kerinci Erupsi, Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter
Pemda Tutup Sementara Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu
Tinggi Kolom Abu Vulkanik Gunung Tangkuban Parahu Capai 200 Meter
Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Petugas Fokus Evakuasi

(mdk/ded)

TOPIK TERKAIT