Selama Tanggap Darurat, Pemda DIY Akan Beri Bantuan Sembako untuk 10.000 KK Miskin

Selama Tanggap Darurat, Pemda DIY Akan Beri Bantuan Sembako untuk 10.000 KK Miskin
PERISTIWA | 31 Maret 2020 18:24 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemda DIY menyiapkan bantuan berupa sembako bagi masyarakat miskin selama masa tanggap darurat virus Corona. Bantuan sembako ini rencananya akan diberikan di Bulan April 2020.

Kepala Dinsos DIY, Untung Sukaryadi mengatakan, pemberian bantuan sosial berupa sembako ini akan menyasar masyarakat miskin terseleksi. Masyarakat miskin terseleksi ini nantinya didata oleh RT hingga perangkat desa. Lalu data disampaikan ke Dinsos.

"Ini dari Dinsos DIY ini mengusulkan mengusahakan akan memberikan Jadup (jatah hidup) dalam masa tanggap darurat untuk warga miskin terseleksi," ujar Untung saat dihubungi wartawan, Selasa (31/3).

"Berupa sembako untuk bisa hidup untuk sebulan pertama. Tanggap darurat sampai 29 Mei. Mudah-mudahan awal April sudah dieksekusi jumlah anggarannya berapa bisa kita luncurkan," sambung Untung.

Untung memerkirakan, akan ada 10.000 keluarga miskin terseleksi yang mendapatkan dana bansos. Sementara itu untuk besaran bantuan sosial ini diharapkan jumlah minimalnya bisa Rp300.000-500.000.

"Ya minimal itu Rp300.000. Semoga bisa naik. Ini baru kita rencana belum kita anggarkan. Tapi sudah kita siapkan. Perkiraan menyasar 10.000 KK di DIY. Terseleksi bisa up and down dari DIY. Nanti kabupaten kota kan partisipasi," urai Untung. (mdk/noe)

Baca juga:
Satu Perawat di Sumsel Terinfeksi Virus Corona
PLN Dukung Pemerintah Gratiskan Listrik untuk 24 Juta Pelanggan
Rapid Test di Jakarta: Dari 17.534 Orang, 282 Dinyatakan Positif Corona
Siswa Setukpa Lemdikpol Sukabumi yang Negatif Corona Dipulangkan ke Polda Asal
Atasi Hambatan Pemakaman, Pemkot Medan Siapkan Kuburan Korban Virus Corona
CEK FAKTA: Hoaks 59 Jemaat Gereja Tewas Usai Minum Dettol Demi Cegah Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami