Seleksi CPNS Solo Diikuti 10.000 Pelamar

PERISTIWA | 12 November 2019 15:08 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara 2019 di kalangan Pemkot Solo diprediksi diikuti tak kurang dari 10.000 pelamar. Perkiraan tersebut didasarkan pada jenis formasi yang disediakan dalam rekrutmen tahun ini.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Lisino Soares mengatakan, pihaknya memaksimalkan proyeksi pelamar hingga 10.000 orang. Berdasarkan pengalaman seleksi CPNS 2018 yang hanya menyediakan formasi bagi tenaga pendidikan dan kesehatan, jumlah peminatnya bisa lebih dari 8.000 orang.

"Dari jumlah itu, yang lulus seleksi administrasi sebanyak 7.055 pelamar," ujar Lisino, Selasa (12/11).

Menurut dia, dalam CASN tahun ini, formasi yang tersedia lebih beragam. Ada tenaga teknis pelaksana yang bisa mengakomodasi pelamar dari berbagai disiplin ilmu. Seperti ekonomi, sosial politik dan sebagainya. Formasi-formasi itu relatif familiar di masyarakat.

"Berdasarkan pertimbangan itu, prediksi jumlah pelamar dalam rekrutmen abdi praja tahun ini kami anggap realistis. Meskipun jumlah formasi hanya 407," katanya.

Apalagi, dikatakannya, Kota Solo seperti memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelamar CPNS. Meskipun sudah menetapkan batas minimal indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,00 dan menyediakan lowongan tak sebanyak wilayah lain di eks Karesidenan Surakarta, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, pihaknya tetap kebanjiran lamaran.

Lebih lanjut ia menyampaikan, prediksi jumlah pelamar tersebut berimbas terhadap penyediaan sarana dan prasara pendukung seleksi. Pemkot berencana menyewa 250 laptop untuk menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tahun depan.

"Kalau dalam sehari bisa diselenggarakan lima sesi tes, maka untuk menyeleksi 10.000 pelamar butuh waktu sekitar 8 hari," katanya.

Baca juga:
Layanan SKCK di Polres Jakarta Selatan Tutup Lebih Awal
Menteri Tjahjo Ungkap Sebab Passing Grade CPNS 2019 Diturunkan
Peminat Sulit Akses Situs Pendaftaran CPNS 2019, Begini Penjelasan MenPAN Tjahjo
Berikut Passing Grade Tes SKD CPNS 2019
Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Simak Tata Cara Mendaftar di Portal SSCN BKN

(mdk/cob)