Seluruh Anggota Polri Harus Tunduk Instruksi Kapolri Soal Larangan Pamer Kemewahan

PERISTIWA | 19 November 2019 22:17 Reporter : Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis baru saja mengeluarkan instruksi kepada para seluruh anggota di institusinya untuk tidak pamer kemewahan. Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Mas Guntur Laupe bakal menjalankan instruksi tersebut.

"Intinya adalah semua anggota Polri harus tunduk pada aturan dan imbauan pimpinan," ujarnya

Salah satu caranya, kata dia, dalam hal berpenampilan. Menurutnya, penampilan anggotanya harus mencerminkan kesederhanaan dan tidak menunjukkan kemewahan.

1 dari 1 halaman

Kemewahan dan Etika Sosial

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Ibrahim Tompo menuturkan, Kapolda Sulsel selalu memberikan arahan agar anggotanya menunjukkan kesederhanaan. Kapolda Sulsel senantiasa mengingatkan etika sosial bahwa polisi seharusnya tidak memamerkan kemewahan.

"Kata-kata atau kalimat untuk tidak memamerkan kekayaan itu tidak ada dalam kode etik tapi itu merupakan esensi yang akan mempengaruhi latar belakang kehidupan dan interaksi sosial ke masyarakat," ujarnya.

Ibrahim Tompo mengatakan, tidak ada batasan kemewahan. Yang bisa dijadikan tolak ukur adalah sisi kepatutan dan kepantasan di masyarakat.

"Tidak ada kualifikasinya dengan jelas tapi lihat kepantasan yang diterima oleh publik, tataran sosial. Tidak termaktub juga dalam hukum disiplin dan kode etik tapi kepantasan etika sosial kepolisian," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Tak Cuma Hidup Mewah, Para Polisi Ini Juga Punya Harta Berlimpah
Kapolres di Sumsel Setuju Larangan Kapolri Pamer kekayaan
Polri Sebut Aturan Tak Pamer Kemewahan Agar Anggota Sederhana, Tak Memandang Pangkat
Kapolres Cilegon Ancam Anak Buah: Enggak Usah Gatal Jarinya di Medsos
Dukung Kapolri, PPP Nilai Polisi Tak Patut Pamer Hidup Mewah