Semester Pertama 2020, KPK Tambah Kas Negara Rp90,5 Triliun

Semester Pertama 2020, KPK Tambah Kas Negara Rp90,5 Triliun
PERISTIWA | 14 September 2020 18:55 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebutkan pihaknya dalam satu semester (enam bulan) di tahun 2020 telah menambah pemasukan uang negara sebanyak Rp90,5 triliun. Firli menjelaskan pemasukan uang sebanyak Rp90,5 triliun tersebut merupakan hasil dari capaian KPK terbagi Rp 10,4 triliun dari uang negara diselamatkan melalui bidang pencegahan.

Sedangkan Rp 80,1 triliun dari peningkatan pendapatan asli daerah yang merupakan salah satu program KPK. "Artinya dalam enam bulan KPK menghasilkan Rp90,5 triliun," kata Firli saat rapat kerja dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, pada Senin (14/9).

Menurutnya, capaian KPK saat ini akan fokus dalam pemberantasan korupsi bukan dari jumlah orang yang ditangkap, melainkan jumlah uang diselamatkan.

"Keberhasilan di bidang korupsi tidak hanya dilihat dari berapa banyak orang ketangkap, tetapi berapa banyak uang yang kita selamatkan. Berapa uang yang bisa ditambahkan kepada pemerintah daerah maupun pusat," jelasnya.

Atas hal itu, dalam rapat, Firli menilai dengan hasil kerja KPK menyelamatkan keuangan negara sebanyak Rp90,5 triliun sebanding dengan usulan kenaikan anggaran dalam pagu anggaran tahun 2021.

Diketahui, dalam pagu anggaran indikatif KPK pada tahun 2021 KPK mengajukan anggaran sebesar Rp 1,881 triliun. Namun, Kementerian Keuangan hanya menyetujui sebesar Rp 1,055 triliun. Atas hal itulah, Firli saat rapat bersama Komisi III lantas mengajukan usulan tambahan sebesar Rp 825 miliar.

"Artinya dalam enam bulan (satu semester) KPK menghasilkan kurang lebih 90,1 triliun nah jadi kita kalau minta hanya 1,8 triliun impas lah begitu. Karena lebih banyak uang yang kami selamatkan daripada yang kami minta," ujarnya.

Baca Selanjutnya: KPK Minta Tambah Anggaran...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami