Sempat Dirawat Beberapa Hari, 1 Pasien Positif Covid-19 di Sumsel Sembuh

Sempat Dirawat Beberapa Hari, 1 Pasien Positif Covid-19 di Sumsel Sembuh
PERISTIWA | 4 April 2020 23:32 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Setelah menjalani perawatan beberapa hari di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, pasien positif Covid-19 012 dinyatakan sembuh. Sementara tiga pasien positif Covid-19 asal Prabumulih yang sempat isolasi mandiri kini turut dirawat di rumah sakit itu.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel Zen Ahmad mengungkapkan, pasien yang sembuh seorang perempuan berusia 52 tahun asal Palembang. Yang bersangkutan masih memiliki hubungan dengan pasien positif 01 di Sumsel yang meninggal dunia.

"Kasus sembuh ini diumumkan positif kemarin. Tetapi, saat pemeriksaan sampel spesimen kedua dinyatakan negatif dan sembuh," ungkap Zen, Sabtu (4/4).

Dengan demikian, pasien positif saat ini berkurang menjadi sebelas orang, dua di antaranya meninggal dunia. Sementara pasien dalam pemantauan (PDP) yang masih menunggu hasil laboratorium berjumlah 23 orang dari sebelumnya 44 orang.

"Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 1.525 orang, rincian 472 orang dinyatakan sehat dan tersisa 1.055 orang lagi," kata dia.

Sementara tiga pasien positif Covid-19 asal Prabumulih, dua diantaranya sempat berkeliling kota dan meresahkan warga, telah dievakuasi ke ruang isolasi RSMH Palembang. Mereka sebelumnya menjalani isolasi mandiri di rumah karena tanpa gejala.

"Kondisinya baik, tapi agar masyarakat tidak resah, mereka dijemput untuk isolasi di rumah sakit," ujarnya.

Menurut dia, Prabumulih telah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus Corona adanya transmisi lokal di daerah tersebut. Apalagi, tiga pasien positif di Sumsel 09, 010, dan 011 merupakan satu keluarga dan satu rumah yang kontak dengan pasien 02.

"Karena masuk zona mereka, pengawasan di sana ekstra ketat. Orang yang baru keluar dari kota itu harus dikarantina selama 14 hari," tegasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Aktris Cantik Andrea Dian Sembuh dari COVID-19, Begini Ceritanya
Tiga Pasien Sembuh, Kasus Positif Corona di Aceh Tinggal Satu Orang
Dinyatakan Sembuh Corona, Kajari Bantul Diperbolehkan Pulang dari RS
Lagi, 2 Pasien Positif Covid-19 di Kota Semarang Sembuh
1 Orang Sembuh, Walkot Tasik Harap Jadi Motivasi Pasien Positif Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami