Sempat ke Jakarta Pakai Lion Air, Warga Rokan Hulu Sembuh dari Covid-19

Sempat ke Jakarta Pakai Lion Air, Warga Rokan Hulu Sembuh dari Covid-19
PERISTIWA | 13 Juli 2020 10:39 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - ES (56), pasien positif Covid-19 asal Rokan Hulu akhirnya sembuh. Dia sempat pergi ke Jakarta dari Pekanbaru dalam kondisi positif corona, dengan menggunakan pesawat Lion Air.

"Iya benar, pasien positif Covid-19 laki-laki inisial ES berusia 56 tahun asal Rokan Hulu telah sembuh," ujar Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (13/7).

Menurut Mimi, ES yang dirawat wisma atlet Jakarta, memang telah sehat. Namun ES belum diperbolehkan pulang, sebelum adanya pengumuman resmi dari pemerintah pusat. ES sudah dirawat sejak dirinya dinyatakan positif, sesampainya di Jakarta pada tanggal 6 Juli 2020.

"Iya, Alhamdulillah ES sudah sembuh, setelah dua kali hasil swab PCR nya negatif. Tapi beliau belum pulang, kan hasilnya baru diserahkan tadi. Makanya tidak diumumkan ada penambahan pasien sembuh, sebelum diumumkan pemerintah pusat," jelas Mimi.

Mimi mengatakan, beredar video asal Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu yang ikut menjadi relawan di wisma atlet Jakarta. Perawat tersebut menjelaskan kondisi ES yang dinyatakan positif sehat, dan sudah boleh pulang.

"Itu perawatnya pakai APD, ia menyampaikan sesuai dengan yang ada di sana. Nah kalau terkait hasil negatif rapid tes, kan juga sudah dijelaskan. Jadi tidak perlu lagi dibahas, dan ES sekarang sudah sehat. Untuk masyarakat juga bisa menerima ES kembali saat kembali ke kampung halaman," kata Mimi.

Sebelumnya diberitakan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau melakukan tracing kontak terhadap seorang penumpang Lion Air yang dinyatakan positif virus corona. Sebanyak 25 orang penumpang yang terbang bersama pasien inisial ES (56) itu dilakukan tes swab. Ke-25 penumpang itu duduk berdekatan dengan pasien asal Kabupaten Rokan Hulu itu, pada Minggu (5/7) lalu.

"Penumpang maskapai penerbangan Lion Air yang berangkat dari Pekanbaru menuju Jakarta dan satu pesawat dengan pasien positif Covid-19 pria inisial ES (56) akan dilakukan uji swab," Mimi, Rabu (8/7) lalu. (mdk/rhm)

Baca juga:
Nenek 80 Tahun Sembuh dari Covid-19
Update Nasional Covid-19 per 12 Juli: Pasien Sembuh Bertambah 919, Total 35.638
217 Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh
Dalam Sehari 1.190 Orang Sembuh dari Covid-19, Tertinggi Selama Pandemi
Sempat Positif Covid-19, Santri Kasus 01 Gontor 2 Dinyatakan Sembuh
2 Pasien Covid-19 dari Klaster Unilever Cikarang Dinyatakan Sembuh

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami