Sempat OTG, Seorang Tenaga Medis di Blitar Dinyatakan Positif Corona

Sempat OTG, Seorang Tenaga Medis di Blitar Dinyatakan Positif Corona
PERISTIWA | 22 Mei 2020 10:25 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Seorang tenaga kesehatan perempuan berusia 31 tahun yang berdomisili di Kelurahan Kauman, Kota Blitar, Jawa Timur, menjalani isolasi diri setelah yang bersangkutan dinyatakan positif corona (Covid-19). Sebelumnya, tenaga medis ini masuk dalam kriteria orang tanpa gejala (OTG).

"Seorang terkonfirmasi positif. Ia indekos di Kelurahan Kauman. Yang bersangkutan merupakan tenaga medis," kata Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Blitar Didik Djumianto saat dikonfirmasi di Blitar, Jumat (22/5).

Yang bersangkutan sebelumnya telah melakukan pemeriksaan medis secara mandiri di Surabaya pada tanggal 15 Mei 2020 dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Tenaga medis itu, lanjut Didik, aslinya warga Yogyakarta dan bekerja di rumah sakit swasta yang berada di Kabupaten Blitar. Namun, yang bersangkutan indekos di Kota Blitar.

Tenaga medis tersebut juga mempunyai inisiatif sendiri untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Hal ini mengingat tenaga kesehatan di rumah sakit maupun Puskesmas mempunyai risiko tinggi tertular Covid-19.

"Awalnya, yang bersangkutan ini OTG (orang tanpa gejala) dan setelah swab positif statusnya menjadi terkonfirmasi. Yang bersangkutan tidak ada gejala dan kini isolasi mandiri di rumah sakit swasta, tempat dia bekerja," ujar Didik.

Di Kota Blitar, data per Kamis (21/5), untuk ODP mencapai 203, meninggal tiga orang, pasien dalam pengawasan (PDP) empat dan yang terkonfirmasi positif ada tiga orang, sembuh satu dan dirawat dua orang.

Sementara itu, laporan terkait dengan Covid-19 di Kabupaten Blitar lebih banyak ketimbang di Kota Blitar.

Jumlah ODP ada 885, PDP 44 orang, dan yang terkonfirmasi positif ada 10 orang, yang diobservasi ada lima orang dan sudah dinyatakan sembuh ada dua orang, meninggal dunia ada tiga orang. (mdk/cob)

Baca juga:
AP II Kerahkan 239 Personel Perketat Pengawasan Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta
Warga Jati Padang Berbagi Pakaian dan Bahan Makanan di Tengah Pandemi
Kemendagri: Pilkada Serentak 2020 jadi Tantangan Demokrasi di Masa Pandemi
Pemerintah Upayakan Pemulihan Ekonomi di tengah Pandemi Corona
Tenaga Kesehatan Diduga Terpapar Corona, Poliklinik RSUD Depok Ditutup Sementara
Pemkot Solo Gelar Rapid Test di Pasar Tradisional Hingga Mal

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami