Sempat Terhenti 7 Bulan, Proyek PLTSa Putri Cempo Diharapkan Gibran Rampung Awal 2022

Sempat Terhenti 7 Bulan, Proyek PLTSa Putri Cempo Diharapkan Gibran Rampung Awal 2022
Gibran tinjau proyek PLTSa Putri Cempo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo
PERISTIWA | 26 Februari 2021 18:35 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Hingga Jumat (26/2) sore Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih melakukan Blusukan. Usai dari Pasar Legi, putra Presiden itu meninjau proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah PLTSa) di TPA Putri Cempo, Mojosongo. Ia ingin memastikan proyek tersebut berjalan sesuai target.

"Tak mau lihat progresnya sampai sejauh apa. Ini kan sempat berhenti selama tujuh bulan. Ini progressnya sudah berjalan lagi, targetnya selesai awal tahun 2022," ujar Gibran.

Dengan selesainya PLTSa tersebut, lanjut Gibran, permasalahan sampah di Kota Solo akan terselesaikan. Selain itu, Pemkot Solo juga akan mendapatkan keuntungan dari daya listrik yang dihasilkan.

"Saya kira progresnya sudah cukup baik sampai nanti targetnya selesai tahun 2022. Ini kan permasalahan dari dulu. Insya Allah kalau PLTSa ini sudah running ya permasalahan ini segera terselesaikan," kata dia.

gibran tinjau proyek pltsa putri cempo
©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Perwakilan PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) Gangga Wahyu menuturkan hingga Januari progres pembangunan sudah mencapai 23,90 persen dan ditargetkan selesai tahun depan. PLTSa Surakarta, lanjut dia, ditargetkan mampu menghasilkan daya listrik sebesar 5 Megawatt.

"Pembangunannya memang sempat mengalami kendala karena pandemi Covid-19. Pembangunan PLTSa tertunda selama 7 bulan (April-Oktober 2020) sehingga kemungkinan pembatasan kegiatan di lapangan masih mungkin terjadi," kata dia.

PLTSa Putri Cempo mulai dibangun pada 23 Oktober 2019 lalu dan ditargetkan selesai Mei 2021. Namun karena pandemi, pembangunan proyek dengan APBN itu harus tertunda. Selain mengatasi persoalan sampah, PLTSa di kawasan tempat pembangunan akhir (TPA) Putri Cempo, tersebut nantinya juga akan menghasilkan listrik 5 MW. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami