Senator Hasan Basri Kutuk Keras Serangan Israel Terhadap Palestina

Senator Hasan Basri Kutuk Keras Serangan Israel Terhadap Palestina
Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 16 Mei 2021 20:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pengeboman berat di Jalur Gaza meningkat sejak Senin (10/5/2021) di mana pesawat tempur Israel mengebom situs-situs milik kelompok bersenjata Palestina, termasuk tempat fasilitas umum. Dalam gencatan ini sedikitnya menewaskan 32 warga Palestina di Gaza. Sedangkan serangan dari Kubu Palestina menewaskan sedikitnya 11 warga Israel dengan melakukan penembakan sedikitnya 1.500 roket dari Gaza menuju sejumlah lokasi di Israel, selama lebih dari 38 jam.

Menanggapi kondisi tersebut Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri menyampaikan sangat prihatin dan berduka atas berlanjutnya agresi ini. "Ini sudah tidak dapat dibiarkan, kami mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segara mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan serta perlindungan untuk warga Palestina," tegas pria yang akrab disapa HB ini.

Korban tewas diperkirakan akan meningkat, karena serangkaian serangan udara Israel lainnya menghantam kamp pengungsi Shati di Gaza. Sejak serangan tersebut korban menyebar lebih jauh di Tepi Barat yang diduduki di tengah bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan israel. Sedikitnya 132 warga Palestina, termasuk 32 anak-anak dan 21 wanita, telah tewas dan 950 lainnya terluka di Gaza.

"Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina dirampas oleh Israel. Agresi ini harus segera dihentikan karena telah menimbulkan korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak," ujar HB.

Ribuan warga Palestina berbaris di Tepi Barat pada Sabtu (15/05/2021) pagi mengecam pendudukan Israel yang terus berlanjut dan pemboman yang sedang berlangsung di Gaza. Lebih lanjut Hasan Basri meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersama- sama mendoakan dan memberi dukungan kepada saudara-saudara di Palestina dalam mendapatkan hak kemerdekaan sebagai warga negara Palestina.

(mdk/hhw)

Baca juga:
Indonesia Sebut Israel sebagai Kekuatan Penjajah Sumber Penderitaan Palestina
Serangan Terbaru Israel di Gaza, 26 Warga Palestina Termasuk 8 Anak-Anak Terbunuh
Ribuan Orang di Berbagai Kota di AS Gelar Unjuk Rasa Dukung Palestina
Pemakaman Pria Lebanon yang Ditembak Israel Saat Dukung Palestina
Nasib Malang Bayi Korban Serangan Rudal Israel di Gaza

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami