Seorang Warga Garut Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor

Seorang Warga Garut Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor
PERISTIWA | 18 Februari 2020 17:55 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Petugas gabungan berhasil menemukan seorang warga yang dilaporkan hilang akibat tertimbun tanah longsor. Longsor menerjang rumah korban di Desa Sukamaju, Talegong, Garut, Jawa Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jawa Barat, Deden Ridwansah, mengatakan tim SAR yang telah diterjunkan berhasil menemukan korban bernama Karna Uum (60) dengan kondisi sudah tewas tertimpa bangunan dan tanah sedalam 1 meter.

"Korban ditemukan di dalam rumahnya dengan kondisi tertimpa bangunan dengan kedalaman tanah sekitar 1 meter," kata Deden dilansir Antara, Selasa (18/2).

Deden menuturkan, hasil laporan bahwa korban tertimbun akibat bencana tanah longsor yang menerjang pemukiman rumah penduduk di Desa Sukamaju, Senin (17/2) dini hari.

Korban tinggal di rumahnya sendirian. Sedangkan warga lainnya sudah mengosongkan rumah dan mengungsi ke balai desa setempat untuk menghindari bahaya longsor.

"Diketahui korban tinggal sendiri di rumah tersebut, dan seluruh warga di wilayah tersebut khususnya RW 03 telah dievakuasi ke Balai Desa Sukamaju," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Dia menyampaikan, petugas gabungan beberapa saat setelah kejadian berupaya melakukan pencarian korban meski sempat terkendala dengan kondisi tanah berlumpur, labil dan berbahaya.

"Lumpur cukup dalam sehingga menyulitkan tim SAR gabungan mengakses korban," katanya.

Sebelumnya, bencana tanah longsor menerjang pemukiman rumah penduduk di Kampung Legokbintinu, Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong, Senin sekitar pukul 02.00 WIB.

Selain menimpa rumah Karna, longsor juga telah merusak 12 rumah warga dan satu masjid.

Selain di Talegong, longsor juga melanda Kecamatan Cisewu dan menyebabkan seorang warga tewas tertimpa benda keras dampak bencana longsor, selain itu ada juga seorang warga terseret banjir bandang. (mdk/ray)

Baca juga:
Tanah Longsor di Depok Ancam Keselamatan Siswa SDIT An-Najah
Satu Warga Meninggal dan Satu Hilang Akibat Longsor di Garut
Polisi Tegaskan Info Tol Cipularang Terancam Putus Akibat Longsor Hoaks
Hati-hati Tanah Longsor di Sisi Kanan dan Kiri Tol Cipularang Km 118
10 Rumah di Bandung Barat Rata dengan Tanah Akibat Longsor

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami