Seorang WN Inggris di Magelang Beli Psikotropika secara Online

Seorang WN Inggris di Magelang Beli Psikotropika secara Online
Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori
NEWS | 2 Desember 2021 04:02 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Seorang warga negara (WN) Inggris berinisial RWSS ditahan Kepolisian Resor (Polres) Magelang, Jawa Tengah lantaran diduga menyalahgunakan psikotropika. Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengatakan, pengungkapan kasus tersebut bermula dari informasi masyarakat adanya sebuah paket yang mencurigakan dengan tujuan pengiriman untuk RWSS, Jumat (26/11).

"Petugas langsung melakukan penggeledahan dan penangkapan terhadap RWSS di kediamanya di Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang," kata Sajarod, Rabu (1/12). Dikutip dari Antara.

Sajarod menyebutkan dari hasil penggeledahan ditemukan kardus warna cokelat yang di dalamnya berisi satu plastik transparan bertuliskan mersi berisi 9 lembar/strip mersi Valdimex 5 dan Diazepam 5 mg, yang setiap lembarnya berisi 10 butir dengan jumlah total 90 butir.

Kemudian sebuah plastik klip transparan berisi 4 lembar Riklona dan 2 Clonazepam 2 mg, yang setiap lembar berisi 10 butir dengan total jumlah 40 butir.

"Dari keterangan tersangka, dia mendapatkan barang-barang tersebut secara online, namun kami masih mendalami hal itu," bebernya.

Tersangka mengaku mengidap penyakit depresi, insomnia dan paranoid sehingga nekat membeli psikotropika tersebut secara online. Tersangka mengaku tidak mengetahui hukum yang berlaku di Indonesia dan membeli psikotropika tanpa resep dokter atau izin pihak yang berwenang.

"Tersangka akan dijerat dengan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman pidana paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp100 juta," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Tiga Gembong Narkoba Asal Sumut Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan
JPU Kejari Aceh Timur Tuntut Hukuman Mati Lima Terdakwa 77 Kg Sabu-Sabu
Polda Aceh Gagalkan Peredaran 100 Kg Sabu-Sabu, 3 Kurir Ditangkap
Tangkap Bandar Narkoba yang Sembunyi di Bawah Jembatan, Aksi Polisi Ini Heroik Banget
Bandar Narkoba yang Tabrak Polisi Ditangkap di Kendal
Geledah Rumah Notaris, Polisi di Bali Sita Sabu-Sabu

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami