Sepasang Orang Utan Sumatera Dilepasliarkan di Cagar Alam Jantho

Sepasang Orang Utan Sumatera Dilepasliarkan di Cagar Alam Jantho
Orang Utan Sumatera Dilepasliarkan di Cagar Alam Jantho. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 20 Juni 2021 07:33 Reporter : Alfath Asmunda

Merdeka.com - Dua ekor Orang Utan Sumatera yang diberi kode ID 338 (jantan) dan ID 411 (betina) dilepasliarkan kembali ke kawasan Cagar Alam Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan dua ekor Orang Utan ini sebelumnya telah melalui proses rehabilitasi di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orang Utan Sumatera di Batu Mbelin, Sumatera Utara.

"Kedua individu Orang Utan Sumatera tersebut telah tiba di Pusat Reintroduksi Orang Utan Jantho pada 4 Juni 2021, dan sudah menjalani prosedur kesehatan yang sangat ketat guna mencegah penyebaran virus Covid-19, sebelum dilakukan pelepasliaran di Cagar Alam Jantho," katanya, Sabtu (19/6).

Agus menjelaskan, Orang Utan jantan dengan ID 338 berusia sekitar 10 tahun dan berat badan sekitar 25 kilogram. Orang Utan ini merupakan satwa hasil serahan masyarakat pada 2016.

Sedangkan yang betina dengan ID 411 berusia kisaran 13 tahun dan berat badan 41 kilogram, merupakan satwa hasil evakuasi pada Februari 2021.

"Kedua individu tersebut telah dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan," ujarnya.

Orang Utan Sumatera, kata Agus, merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tak memburu satwa dilindungi tersebut.

Kepala BKSDA Aceh itu menilai, kawasan Cagar Alam Jantho sangat sesuai dengan habitat Orang Utan. Di kawasan itu juga telah pernah dilakukan pelepasliaran 132 individu Orang Utan Sumatera.

"Bahkan, ada tiga individu yang dilahirkan di hutan dalam kawasan Aceh Besar tersebut," ungkapnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Pelepasan Jala Si Orangutan ke Alam Liar Kalimantan
Orangutan Tersesat ke Permukiman di Kaltim Ditemukan Selamat
Seekor Orangutan Tersesat dan Masuk Pemukiman Warga di Paser
Viral Video Orangutan Kebingungan Cari Habitatnya, Hutan Kalimantan Makin Gundul?
Orangutan, Sang 'Manusia Hutan' Endemik Indonesia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami