Sepekan, Polisi Sita 4 kg Sabu dan 2.000 Butir Ekstasi di Samarinda

Sepekan, Polisi Sita 4 kg Sabu dan 2.000 Butir Ekstasi di Samarinda
PERISTIWA | 16 Februari 2020 00:04 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Kepolisian di Samarinda, Kalimantan Timur, menyita 4 kg sabu dan 2.000 butir ekstasi selama sepekan terakhir. Sembilan tersangka dijebloskan ke penjara. Total sejak awal Januari 2020 lalu, polisi telah menggagalkan peredaran 15 kg sabu di Samarinda.

Penyitaan narkoba miliaran rupiah itu, dilakukan jajaran Polsek Samarinda Kota, Polsek Samarinda Seberang, hingga Satuan Reserse Narkoba Polresta Samarinda, pada 7-13 Februari 2020.

"Ada 9 orang tersangka. Jangan dilihat nilainya, tapi dari dampak yang ditimbulkan, kalau dikonsumsi masyarakat," kata Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Muktiono kepada wartawan di Mapolresta Samarinda, Jalan Slamet Riyadi, Sabtu (15/2).

Muktiono menerangkan, sebagian besar sabu memang berasal dari Tawau di Malaysia yang masuk melalui perbatasan Kalimantan Utara hingga masuk ke Kaltim melalui jalan darat.

"Ini komitmen kami, tegas untuk terus memerangi narkoba. Khususnya, di Samarinda. Dari pengungkapan ini, personel terus melakukan pengembangan kasus ke pelaku lainnya," ujar Muktiono.

"Kami terus perketat perbatasan wilayah Kaltim, agar Samarinda jangan sampai dijadikan target pasar. Terus koordinasi dengan Polda Kaltara. Baik itu pengamanan terbuka, maupun tertutup," tambah Muktiono.

Masih dijelaskan Muktiono, tercatat sekitar 15 kg sabu disita kepolisian di Samarinda. "Seharusnya, ancaman hukuman yang ada, beri efek jera. Karena ada ancaman hukuman matinya," tegas Muktiono.

Ditemui merdeka.com, Kasat Reserse Narkoba Polresta Samarinda Kompol Raden Sigit Satrio Hutomo menegaskan, pihaknya segera melakukan inventarisir dan penyitaan aset kesembilan tersangka, yang terdiri dari bandar hingga kurir.

"Kami segera lakukan penyitaan aset TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) hasil kejahatan narkoba. Karena memang, aktivitas tersangka ini relatif sudah cukup lama berbisnis barang haram itu," kata Sigit. (mdk/eko)

Baca juga:
Sepekan, Polisi Sita 4 kg Sabu dan 2.000 Butir Ekstasi di Samarinda
Polisi Tembak Mati Kaki Tangan Bandar Narkoba Jaringan Malaysia-Madura
Mahasiswa di Yogya Sembunyikan 1 Kg Sabu Dalam Kardus Berisi Makanan
Tangkap Penjual Sparepart Motor, Polisi Amankan 10 ribu Pil Yarindu
Pasutri Ini Jual Sekaligus Sediakan Tempat Konsumsi Sabu di Rumah

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami