Serahkan Bantuan Alat Kesehatan, Erick Tohir Minta Emil Bangun Kemandirian Industri

Serahkan Bantuan Alat Kesehatan, Erick Tohir Minta Emil Bangun Kemandirian Industri
PERISTIWA | 21 Mei 2020 23:17 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Menteri BUMN RI Erick Thohir menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bantuan tersebut akan didistribusikan ke berbagai daerah sebelum hari raya Idul Fitri.

Bantuan yang diberikan berupa 7.000 alat rapid test, 20 unit ventilator non invasive, 38.000 buah coverall, 10.000 pasang sarung tangan medis, 50.000 buah masker bedah, 10.000 buah masker N95, dan 10 ton beras.

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir berharap Pemerintah Provinsi Jabar bisa membangun kemandirian industri, baik industri alat kesehatan dan obat-obatan. Erick mengatakan, pihaknya telah membuka road map BUMN dan BUMD agar memiliki fokus masing-masing dan tidak tumpang tindih dalam menentukan fokus subjek yang dikembangkan.

"Kami dengan pemerintah Jawa Barat ingin segera membangun supaya ada kemandirian untuk industri alat kesehatan dan obat obatan," katanya melalui siaran pers yang diterima, Kamis (21/5).

Hal ini berdasarkan urgensi industri kesehatan sebagai prioritas ke depan, selain dari ketahanan energi dan ketahanan pangan. Hal ini pun ia sebut sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Salah satunya klasifikasi daripada masing masing urusan BUMN seperti Bio Farma, Indo Farma, Kimia Farma, punya fokus tersendiri," tambahnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengaku segera segera menyalurkan bantuan tersebut. "Besok lusa langsung dikirim di tanggal libur supaya segera sampai kepada yang membutuhkan, utamanya menjelang hari libur Idul Fitri," pungkas pria yang akrab disapa Emil itu. (mdk/fik)

Baca juga:
Erick Thohir Salurkan 100.000 Paket Sembako dan Rp40 Miliar Bantuan Karyawan Telkom
Erick Thohir: Kreativitas Tak Boleh Berhenti karena Pandemi Covid-19
Menko Airlangga Tegaskan Pegawai BUMN Tetap Bekerja dari Rumah Selama PSBB
Mimpi Menteri Erick Thohir Akan Wajah Baru Gedung Sarinah Jakarta
Erick Thohir Sebut Kepres Merger BUMN Sudah Diteken Jokowi
Menteri Erick Berambisi Ubah Pelabuhan Benoa Laiknya Bandara Changi Singapura

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami