Seratus Motor di Garut Bayar Pajak Tahunan Gratis di HUT ke-73 Polri

PERISTIWA | 1 Juli 2019 20:33 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Seratus pemilik kendaraan bermotor roda dua di Kabupaten Garut mendapat hadiah gratis membayar pajak tahunan kendaraan yang habis masa berlaku Senin (1/7).Hal tersebut dilakukan sebagai wujud syukur dan hadiah bagi masyarakat di Hari Ulang Tahun Polri ke-73.

Salah seorang warga Kecamatan Banyuresmi, Novi(29) mengaku bahwa ia pada Snein (1/7) sengaja datang ke Samsat untuk membayar pajak kendaraan miliknya. Namun begitu akan membayar ia diminta untuk datang ke Mapolres Garut. "Saya juga aneh kenapa harus datang ke Polres kan bayar pajak di Samsat biasanya. Tapi saya ikuti saja," ujarnya, Senin (1/7).

Begitu sampai di Mapolres Garut, Novi pun mengaku langsung diarahkan ke tenda yang ada di lapangan Mapolres Garut dan membayar pajak disana. Namun begitu ia mengeluarkan uang untuk membayar pajak kendaraan, hal itu ditolak oleh petugas.

"Katanya gratis. Saya menjadi salah satu pemilik kendaraan dari 100 orang yang gratis membayar pajak karena habis masa pajak saya tepat di ulang tahun Polri. Alhamdulillah sekali, saya sangat bersyukur. Apalagi prosesnya juga sebentar. Jadi uangnya bisa digunakan untuk belanja di pasar," katanya.

Warga lainnya asal Kecamatan Tarogong Kaler, Anang (55) juga menjadi salah satu warga yang mendapatkan hadiah bayar pajak tahunan gratis dari Polres Garut. "Pajak motor saya habis tepat hari ini. Alhamdulillah saya sangat bersyukur dengan hadiah yang saya dapatkan ini. Setiap tahun saya Alhamdulillah rutin bayar pajak karena itu kewajiban saya. Sekarang gratis, lebih Alhamdulillah," ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan bahwa pihaknya memang sengaja membuat program Samdong (Samsat Gendong) gratis membayar pajak tahunan bagi 100 pemilik sepeda motor yang pajaknya habis 1 Juli.

"Program ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Bhayangkara ke-73. Polres Garut sengaja membuat inovasi ini namun khusus untuk motor 125cc kebawah karena rata-rata pemiliknya kan kelas menengah kebawah," ungkapnya.

Program tersebut, diakui Budi mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. ia pun berjanji akan membuat program-program yang lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat.

Baca juga:
HUT ke-73 Bhayangkara, Polres Depok Gratiskan Pembuatan SIM
Loyal, 60 Personel Polisi Kalbar Perbatasan Indonesia-Malaysia Naik Pangkat
Warga yang Lahir 1 Juli Dapat Pelayanan SKCK Gratis di Tanjung Pinang
Aksi polisi cilik meriahkan peringatan HUT ke-72 Bhayangkara
Dikawal Kapolri, Presiden Jokowi jadi inspektur di HUT ke-72 Bhayangkara
Ribuan polisi ikuti upacara HUT ke-72 Bhayangkara

(mdk/rhm)