Seratusan Buruh Demo di Kantor Gubernur Sumut, Ada yang Berkostum Pocong

Seratusan Buruh Demo di Kantor Gubernur Sumut, Ada yang Berkostum Pocong
PERISTIWA | 30 April 2019 17:15 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Sehari jelang peringatan Hari Buruh atau May Day, seratusan buruh mulai berunjuk rasa di depan kantor Gubernur Sumut, Jalan P Diponegoro, Medan, Selasa (30/4). Mereka membawa 10 orang berkostum pocong dalam aksinya.

Ke-10 pocong itu dibariskan persis di depan gerbang Kantor Gubernur. Mereka menjadi bagian massa pengunjuk rasa yang mengatasnamakan Aliansi Pekerja Buruh Daerah-Sumatera Utara (APBD-SU).

Massa APBD-SU memprotes lemahnya perlindungan kepada kaum buruh. Padahal sudah begitu banyak regulasi yang dibuat untuk melindungi hak buruh.

"Undang-undang yang dibuat hanya jargon dan semakin mengeksploitasi buruh," kata Natal Sidabutar, Koordinator APBD-SU.

Para buruh ini juga kembali mengangkat isu upah murah, sistem kontrak, borongan dan buruh harian lepas (BHL). Sistem ini masih jadi momok dan menindas buruh.

"Hapuskan sistem kontrak, upah murah, borongan dan BHL. Bagi kami, itu bentuk penindasan yang nyata. Kami menganggap ini adalah pelanggaran hak asasi manusia," ujar Natal.

Demo para buruh ini digelar sehari jelang May Day. Mereka berencana kembali berunjuk rasa pada Hari Buruh Sedunia besok.

Pada May Day 2019, kata Natal, PP Nomor 78 Tahun 2015 masih jadi sorotan penting. Aturan itu dinilai memberi luka baru bagi buruh. Sistem pengupahan di dalam regulasi itu dianggap tidak memberikan dampak yang signifikan.

Selain PP Nomor 78 Tahun 2015, Permenaker Nomor 15 Tahun 2018 tentang Upah Minimum juga mendapat protes. Peraturan ini dinilai bertentangan dengan UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. "Pemerintah tidak memiliki niat baik untuk memperbaiki kondisi hidup buruh," ungkap Natal.

Demo APBD-SU sempat memicu kepadatan lalu lintas di Jalan P Diponegoro sekitarnya. Petugas sempat memberlakukan sistem buka tutup di lintasan yang ada di depan Kantor Gubernur Sumut. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami