Serma Asep Roni dan Tiga Hari Pencarian Ladang Ganja di Gunung Guntur

PERISTIWA | 22 Januari 2020 12:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Tidak mudah bagi Serma Asep Roni menemukan ladang ganja di lahan BKSDA kawasan kaki gunung Guntur, Garut, Jawa Barat. Perjuangan selama tiga hari tiga malam membuatnya layak mendapat penghargaan.

Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA memberi piagam penghargaan, berikut uang kadeudeuh kepada salah satu prajuritnya itu.

"Piagam penghargaan ini diharapkan menjadi stimulan buat yang lain," ujar dia selepas pelepasan empat prajuritnya dalam tugas kenegaraan ke Kodam Cendrawasih dan Kaswari, Papua, di Makodim 0611/Garut, seperti dilansir Liputan6.com, Senin (20/1).

Menurutnya, perjuangan Serma Asep menemukan 30 batang tanaman ganja selama tiga hari tiga malam, di kaki gunung Guntur, wajib diapresiasi.

Asep Roni mengaku bangga atas perhatian yang diberikan institusinya. Menurut pengakuannya, tidak mudah menemukan ladang ganja di kawasan kaki Gunung Guntur.

"Memang awal informasinya dari masyarakat, tapi kami menemukan lahan menuju penemuan ganja itu yang tidaklah mudah," kata dia.

Setelah proses pencarian panjang dan berbuah ditemukannya tanaman ganja, dia langsung berkoordinasi dengan atasannya. Termasuk Polsek Tarogong Kaler sebagai wilayah hukum mereka.

"Sepintas (penanaman) ganja itu memang disengaja, sebab ditemukan adanya pupuk kandang dari kotoran domba," kata dia.

Namun dia belum mengetahui pelaku yang menanam ganja. "Sementara ini belum kami temukan (informasi pelaku)," kata dia.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Komandan Koramil Tarogong, Kapten Inf Dedi Saepuloh menuturkan, untuk bisa sampai ke lokasi penemuan ladang harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan jalan kaki.

"Di lokasi ladang ganja itu kita menemukan sekitar 25 batang pohon ganja dengan tinggi lebih dari 1 meter. Perkiraan kita ganja tersebut sudah ditanam sekitar 1,5 bulan," katanya.

Dedi mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Garut terkait temuan tersebut.

"Saat ini, tim dari Satnarkoba malam ini sedang menuju lokasi penemuan tersebut. Mungkin ada dicabut dan dibawa ke Mapolres Garut," tutupnya.

Reporter: Jayadi Supriadin
Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Baca juga:
Polisi Ungkap Peredaran Ganja 1,3 Ton
Polisi Gagalkan Penyelundupan Ganja Gunakan Truk Isi Durian
Miliki 29 Kilogram Ganja, Pelatih Surfing di Bali Diringkus Polisi
Temukan Ladang Ganja, Polisi akan Kembali Sisir Lahan Milik BKSDA di Garut
Urine Pengendara Honda Jazz Penabrak Polantas di GBK Positif Narkoba
TNI Temukan Ladang Ganja di Gunung Guntur Garut

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.