Sesuai Fatwa MUI DKI, Dewan Masjid Indonesia Anjurkan Salat Jumat Dua Shift

Sesuai Fatwa MUI DKI, Dewan Masjid Indonesia Anjurkan Salat Jumat Dua Shift
PERISTIWA | 2 Juni 2020 16:39 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla telah mengeluarkan edaran panduan beribadah di masjid selama pandemi Covid-19. Dalam aturan tersebut pihaknya juga mengeluarkan panduan untuk tata cara salat Jumat.

"Karena itu kita menganjurkan untuk salat Jumat dua kali, dua shift," kata JK di Jakarta, Selasa (2/6).

Hal tersebut dilakukan agar mencegah terjadi kepadatan jemaah dalam pelaksanaan salat Jumat. Dia menjelaskan aturan tersebut sesuai dengan Fatwa MUI DKI Tahun 2001 tentang hukum melaksanakan salat jumat dua kali dalam satu tempat karena keterbatasan kapasitas. Dalam fatwa tersebut tertulis jika memungkinkan salat jumat hanya dilaksanakan satu kali dalam satu masjid disetiap kota atau desa.

Namun jika tidak memungkinkan karena ada hajat (kebutuhan) seperti luasnya wilayah kota atau desa, sulitnya menghimpun umat Islam dalam satu masjid, mempertemukan dua kelompok umat Islam yang saling bermusuhan, banyaknya jumlah jemaah Jumat sehingga tidak dapat ditampung dalam satu masjid, jauhnya jarak antara satu wilayah permukiman umat Islam dengan permukiman yang lain dan sebagainya. Maka dalam fatwa tersebut tertulis bahwa salat Jumat dapat dilaksanakan di beberapa masjid atau bangunan sesuai dengan kebutuhan (hajat).

"Sesuai dengan fatwa MUI DKI Tahun 2001. Jika fatwa MUI Pusat kan untuk industri tetapi kalau fatwa DKI tertulis bahwa kalau kekurangan tempat boleh," jelas JK.

JK juga menjelaskan pihaknya menyerukan petugas masjid untuk mengurangi kapasitas jemaah masjid. Yang semula padat jemaah, nantinya JK meminta agar mengurangi hingga 44 persen dan berjarak minimal 1 meter. Sebab itu dia menjelaskan dengan cara dua shift atau lebih akan mengurangi jemaah yang membludak pada saat salat Jumat.

"Membeludak enggak akan muat, sekarang kan jaraknya semeter berarti sisa 44 persen. Tidak ada cara lain 2 atau 3 kali," jelas JK. (mdk/rhm)

Baca juga:
MUI: Tidak Dibenarkan Dalam Agama Salat Jumat Dua Gelombang
Melihat Penerapan New Normal saat Salat Jumat di Turki
Banyak Masjid di Kota Bekasi Sudah Dibuka untuk Salat Jumat
Masjid Al-Munawar Jaksel Gelar Salat Jumat, Ada Jemaah Datang dari Thamrin
Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid di Batam Mulai Gelar Salat Jumat
Masjid Kauman Semarang Kembali Gelar Salat Jumat di Tengah Pandemi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami