Setelah 8 Tahun, Ustaz Abdul Somad Mundur Mengajar di Kampus UIN

PERISTIWA | 16 Oktober 2019 12:03 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Ustaz Abdul Somad Batubara menyatakan mengundurkan diri dari kampus Universitas Islam Negeri Suksa Riau. Dosen yang akrab disapa UAS juga mundur dari status Pegawai Sipil Negara.

"Iya, kita menerima surat pengunduran diri Pak UAS. (Selama ini) status beliau kan PNS sebagai dosen di sini," ujar Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian UIN Suska Pekanbaru, Ahmad Supardi Rabu (16/10).

Surat resmi mundur itu ditujukan UAS ke Rektorat UIN Suska Riau pada pekan lalu. Surat itu dikirim melalui orang kepercayaannya. Namun, pihak kampus belum memutuskan pengajuan UAS karena masih ada proses yang harus dijalani.

"Nantinya surat itu akan kami beritahukan kepada Kementerian Agama (Kemenag) RI," ucapnya.

Menurutnya, pengunduran diri pria asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara itu karena kesibukannya berdakwah. Supardi memastikan tidak ada persoalan politik yang mencampuri surat itu.

"Dari isi tulisan yang kita terima, UAS mundur karena kesibukannya berdakwah," katanya.

Kesibukan UAS bukan hanya di Indonesia. Dia juga kerap berdakwah di luar negeri. Bahkan UAS sedang menyelesaikan studinya Strata 3 (S3) di Omdurman Islamic University (OIU), Sudan dengan Program Studi Konsentrasi Al Suhnah wa Ulumul Hadist.

Meski demikian, Supardi tidak memaksa UAS untuk tetap bertahan mengajar di kampus UIN. "Tidak mungkin kita paksa-paksa untuk bertahan," jelasnya.

UAS sudah cukup lama mengajar di kampus yang berada di Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru ini. Kampus negeri itu memang memiliki banyak mahasiswa karena salah satu perguruan tinggi terbesar di Riau.

Selama ini, UAS mengajar untuk mahasiswa S1 dan juga S2. Dia merupakan dosen Tafsir dan Hadist di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska.

"UAS sudah 8 tahun mengajar di UIN. Kita sangat kehilangan atas pengunduran diri UAS. Dia sosok yang cerdas, terkenal di dalam dan luar negeri. Dia itu aset tak ternilai di UIN Suska selama ini. Kita bangga beliau mengajar di kampus kita," kenangnya. (mdk/did)

Baca juga:
Polisi Tegaskan Tak Terlibat Pembatalan Kuliah Umum Ustaz Abdul Somad di UGM
UGM Batalkan Kuliah Umum Ustaz Abdul Somad yang akan Digelar 12 Oktober
Tabligh Akbar Dibatalkan, Ustaz Abdul Somad Tetap Datangi Ponpes Kudus
Punya Masa Lalu Kelam karena Narkoba, Ammar Zoni Minta Nasihat Ustaz Abdul Somad
Polisi Masih Kaji Kasus Ustaz Abdul Somad
Tanggapan Para Tokoh soal Ceramah Ustaz Abdul Somad

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.