Setelah Prabumulih, Kabupaten OKU Ditetapkan Zona Merah Covid-19

Setelah Prabumulih, Kabupaten OKU Ditetapkan Zona Merah Covid-19
PERISTIWA | 6 April 2020 01:32 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Setelah Prabumulih, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, juga bakal ditetapkan sebagai zona merah Covid-19. Hal ini imbas dari adanya dua kasus positif baru akibat transmisi lokal.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri mengungkapkan, hari ini ada tambahan empat pasien positif Covid-19 di Sumsel sehingga menjadi 16 orang. Dua pasien baru diantaranya yakni 015 seorang perempuan berusia 54 dan 016 perempuan berumur 61 tahun tertular dari keluarganya yang lebih dulu terpapar virus itu.

"Dua pasien positif asal OKU terjangkit dari pasien sebelumnya. Artinya ada transmisi lokal bukan impor," ungkap Yusri, Minggu (5/4).

Saat ini, pihaknya telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan setempat untuk menelusuri orang-orang yang sempat kontak langsung dengan kedua pasien. Sementara pasien positif telah menjalankan perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

"Kita lakukan tracking orang-orang yang kontak dengan pasien, selanjutnya diambil sampel dan diperiksa di laboratorium," ujarnya.

Dengan adanya tambahan kasus transmisi lokal di OKU, pihaknya akan menetapkan kabupaten itu sebagai zona merah. Hal yang lebih dulu dilakukan pada Kota Prabumulih setelah tiga pasien positif terjangkiti dari pasien lain yang masih memiliki hubungan keluarga.

"Kemungkinan besar OKU akan jadi zona merah. Otomatis pengawasan diperketat dan ada kebijakan pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran yang masif," kata dia. (mdk/noe)

Baca juga:
OJK Sebut Perppu Penanganan Virus Corona Bawa Sentimen Positif
Muhammadiyah Ajak Warga Tidak Mudik, Pemerintah Juga Diminta Tegas
Terhantam Virus Corona, Omzet Pengusaha Bus Anjlok Hingga 100 Persen
Lanjut Bahas RUU Kontroversi saat Pandemi Corona, DPR Dinilai Menghina Nalar Publik
Jumlah Pemakaman DKI Jakarta Meningkat Sejak Covid-19
Butuh Ketegasan untuk Tekan Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami