Siang Ini, Sekjen MPR Gelar Gladi Kotor Pelantikan Presiden

PERISTIWA | 18 Oktober 2019 09:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Berbagai persiapan telah dilakukan Sekretariat MPR jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat. Dimana rencananya pelantikan akan digelar 20 Oktober nanti.

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Ma'ruf Cahyono mengatakan, pihaknya akan menggelar gladi kotor pada hari ini, Jumat (18/10). Saat ini, persiapan pelantikan presiden menurut Cahyono sudah hampir 100 persen.

"Sekitar jam 2 ya gladi kotor," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (18/10).

Rencananya pada Sabtu 19 Oktober atau H-1 pelantikan Sekjen MPR akan melaksanakan gladi bersih.

"Besok Sabtu baru gladi resiknya, siang sekitar jam 1-2," tutup Cahyono.

Sejak kemarin, tampak tembok pagar di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat nampak tengah dicat. Selain itu, Gedung Kura-Kura terlihat masih berbenah. Sejumlah papan nampak bertumpukan.

Ruang Paripurna yang akan menjadi tempat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masih dipersiapkan. Karpet merah terlihat masih dipasang dan dirapikan.

Sebelumnya, TNI dan Polri menggelar apel bersama terkait operasi pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan di Lapangan Silang Monas, Jakarta.

Jelang pelantikan presiden tersebut, sejumlah persiapan pun dilakukan. Misalnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menambah jumlah personel untuk membantu pengamanan.

Selain menambah personel, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas dan penutupan jalan di sekitar lokasi pelantikan Presiden dan Wapres, Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta.

"Kita perketat (pengamanan), mungkin yang dulunya sekian anggota, nanti ditambah dua kali lipat. Yang dulu biasanya 1.500 (personel lantas), sekarang (saat pelantikan) sebanyak 3.000-an anggota dikerahkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Jalanan Sekitar Gedung DPR Bakal Ditutup Sampai Pelantikan Presiden
Jelang Pelantikan Presiden, KMPI Ingin Serahkan Sabuk Nusantara ke Jokowi
Jelang Pelantikan Presiden, Masyarakat Suku Tengger Gelar Doa Bersama di Pura
Meski Ekonomi Tak Meroket, Presiden Jokowi Cetak Prestasi ini di 5 Tahun Pertama
Pelantikan Presiden dan Wapres, PDIP Solo Tak Gelar Tasyakuran
Polisi Perketat Penjagaan Komplek Parlemen dengan Anjing Pelacak

(mdk/fik)