Siapa Calon Kapolri Pilihan Jokowi Pengganti Jenderal Idham Aziz?

Siapa Calon Kapolri Pilihan Jokowi Pengganti Jenderal Idham Aziz?
PERISTIWA | 1 Desember 2020 14:54 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko belum mau membeberkan terkait siapa calon Kapolri pengganti Idham Azis. Idham bakal pensiun pada Januari 2021. Diketahui terdapat tiga jenderal bintang tiga yang muncul dipublik untuk menggantikan yaitu Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabaharkam Komjen Agus Andriyanto dan Kabareskrim Komjen Sigit Listyo.

Namun, sejumlah jenderal bintang dua juga berpontensi menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Jokowi, kata Moeldoko, sudah mempunyai kuncian sebagai kandidat kuat.

"Biarkan masyarakat yang berspekulasi. Tetapi Presiden juga punya kuncian sendiri untuk menentukan siapa yang akan menjabat," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (1/12).

Sebelumnya diketahui, Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengaku menghormati pendapat dari pihak di luar Polri.

"Terkait bursa calon Kapolri, tentunya kami sangat menghormati itu pendapat dari yang di luar Polri terkait dengan mengkait-kaitkan bursa Kapolri," kata Awi.

Jenderal bintang satu ini menegaskan, pihaknya ingin masyarakat menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait siapa yang akan menggantikan Idham Azis sebagai Kapolri. "Tetapi kembali lagi, Mabes Polri sangat menghormati terkait dengan keputusan penunjukan Kapolri adalah hak prerogatif dari Presiden Republik Indonesia," tegasnya.

"Jadi, mari kita sama-sama kita tunggu, bagaimana keputusannya nanti, tentunya daripada waktu yang daripada Presiden yang akan mengumumkan itu ya," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Prediksi IPW...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami