Siapkan Pesawat Khusus, Gubernur Akan Datangkan Dokter Ahli Tangani Corona di NTT

Siapkan Pesawat Khusus, Gubernur Akan Datangkan Dokter Ahli Tangani Corona di NTT
PERISTIWA | 25 Maret 2020 22:33 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Pemerintah Nusa Tenggara Timur tengah mengupayakan berbagai cara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan mendatangkan dokter ahli yang secara khusus akan menangani jika ada pasien diduga terinfeksi Corona.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menuturkan, pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur merencanakan akan mencarter maskapai Trans Nusa, untuk memperlancar tugas empat dokter ahli yang telah disiapkan dalam menangani pasien Covid-19.

"Kita akan mobile khusus dokter ahli agar punya pesawat sendiri. Mereka tidak boleh bercampur dengan siapapun, agar pelayanan terhadap pasien berjalan lancar," katanya, Rabu (25/3).

Cara lain yang dilakukan Viktor adalah meminimalisir pengumpulan massa. Ini penting mengingat pandemi Corona bersamaan dengan rencana pilkada serentak. Ada sembilan kabupaten di Nusa Tenggara Timur akan melaksanakan Pilkada serentak pada 23 September 2020.

Kesembilan kabupaten tersebut adalah, Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Timur dan kabupaten Sumba Barat.

Sejauh ini belum ada keputusan penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi Corona atau Covid-19. Gubernur Viktor meminta stakeholder terkait agar melarang semua pasangan calon, mengumpulkan banyak orang untuk melakukan kampanye.

"Kita sedang berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga semua pihak saya minta untuk tunduk pada protokol yang telah dikeluarkan pemerintah, bila perlu jangan ada kampanye. Sosialisasi dari rumah ke rumah dan langsung pilih," tegas Viktor.

Viktor melanjutkan, pihaknya juga mengalokasikan anggaran Rp60 miliar untuk mengatasi virus Corona atau Covid-19. Dia mengklaim anggaran yang dialokasikan Pemprov NTT adalah yang terbesar untuk penanganan Covid-19 jika dibanding provinsi lain di Indonesia.

Meski Nusa Tenggara Timur masih negatif Covid-19, namun Viktor ingin ada upaya pencegahan. Saat ini pemerintah Nusa Tenggara Timur telah mendatangkan 500.000 Pcs alat perlengkapan diri (APD) bagi tenaga medis.

Pemerintah Nusa Tenggara Timur juga menyiapkan bantuan sosial tunai, bagi kelompok kerja yang terdampak Covid-19. (mdk/noe)

Baca juga:
Jokowi akan Ikut KTT Luar Biasa Secara Online, Bahas Penanganan Covid-19
7 Potret Lelah Tenaga Medis Usai Tangani Pasien Corona
Antisipasi Virus Corona, Bupati Purwakarta akan Jalani Tes Swab
Cegah Corona, Ini Kerumunan Massa yang Bakal Dibubarkan Polri
Virus Corona Merebak, Perhatikan 5 Tips Ini Saat Isolasi Diri di Rumah
Hasil Tes Swab Belum Keluar, Kepala LPPM IPB Meninggal Dunia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami