Sidak Rutan Cabang KPK, Kemenkum HAM Pastikan Kapasitas Tak Over

PERISTIWA | 20 Juni 2019 16:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara Dirjen PAS Kemenkum HAM, Heni Yuwono bersama sejumlah jajaran lainnya melakukan sidak di Rutan Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan.

Heni mengatakan, hasil sidak itu melihat kondisi Rutan KPK tersebut kondisinya tak ada masalah.

"Kalau dari segi fasilitas terus tempat tidurnya dan kamar mandinya dan wc-nya itu sangat bagus. Artinya kapasitas yang ada, ini kan masih normatif. Artinya masih mempunyai space yang luas, cukup luas untuk berinteraksi dan bergerak di dalam selnya. Karena tidak over capacity ya," kata Heni di lokasi, Kamis (20/6).

Menurut Heni, kondisi di Rutan Cabang KPK cukup berbeda dengan rutan yang lainnya. Hampir seluruhnya mengalami kelebihan jumlah tahanan.

"Kapasitas rutan kita hanya 130 ribuan. Kondisi saat sekarang, isi lapas kita di Indonesia itu ada 260 lebih penghuni. Sehingga terjadi kelebihan kapasitas yang sampai sekian ratus persen," jelas dia.

Adapun soal integritas penjaga, di Rutan Cabang KPK sendiri petugasnya juga bagian dari Kemenkum HAM. Sehingga aturan dan prosedurnya pun sudah tahu secara umum.

"Kebetulan penjagaan rutan di KPK berasal dari jajaran Ditjen Pemasyarakatan. Sehingga mereka sudah tentu tahu tentang bagaimana tata cara dan SOP sebagai penjaga rutan. Karena dia rekruitmen berasal dari kami," Heni menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putera
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Tim Pencari Fakta Kembali Periksa Novel Baswedan
Novel Baswedan akan Cerita Dalang Penyerangnya Asal Pelaku Lapangan Ditangkap
KPK Awasi Pembangunan Fase 2 MRT Koridor Bundaran HI-Kota
Polisi Periksa Novel Baswedan di KPK Besok
Muncul 9 Nama Perwira Tinggi Daftar Capim KPK, Ini Penjelasan Polri
KPK Kejar Kelengkapan Berkas Kasus Suap Garuda Indonesia
Petinggi Kemenkum HAM Usai Sidak Rutan KPK

(mdk/gil)

TOPIK TERKAIT