Sidang Dakwaan, JPU Ungkap Cara Nia Ramadhani dan Sopir Konsumsi Sabu

Sidang Dakwaan, JPU Ungkap Cara Nia Ramadhani dan Sopir Konsumsi Sabu
Sidang Nia Ramadhani. ©2021 Merdeka.com/Yunita Amalia
NEWS | 2 Desember 2021 15:02 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Jaksa penuntut umum mendakwa selebriti Nia Ramadhani bersama suami Ardi Bakrie dan sang sopir Zen Vivanto, atas penyalahgunaan narkotika golongan 1. Ketiga terdakwa menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Diduga terdakwa I Zen Vivanto, terdakwa II Ramadhania Ardiansyah Bakrie, dan terdakwa III Anindra Ardiansyah Bakrie telah melakukan penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri," ucap Jaksa yang membacakan surat dakwaan, Kamis (2/12).

Dalam surat dakwaan, jaksa menjabarkan pada Selasa 6 Juli 2021 sekitar pukul 10 malam, sopir Nia dan Ardi bernama Zen diminta untuk membelikan narkotika golongan 1 jenis sabu, sebanyak 1 paket termasuk alat isapnya. Zen menyanggupi permintaan tersebut setelah mendapat ongkos pembelian Rp1,7 juta dari Nia.

Rabu, 7 Juli pukul 3 pagi, Zen menemui Rio, pemasok sabu untuk Nia, di Kebon Kacang. Pesanan Nia dan Ardi berupa sabu dan alat isap terselesaikan. Zen kemudian kembali ke rumah Nia dan Ardi pada pukul 8 pagi.

"Terdakwa I menyerahkan paket sabu beserta bong kepada Terdakwa II. Setelah itu, Terdakwa I dan II bersama-bersama mengonsumsi jenis sabu," ucapnya.

Zen dan Nia mengonsumsi sabu dengan cara memasukan sabu ke dalam pipet kaca kemudian bagian bawah pipet kaca tersebut dibakar dan menghasilkan asap. Asap dari pembakaran sabu tersebut kemudian diisap menggunakan bong oleh Nia dan Zen.

"Setelah selesai, alat isap disimpan oleh Nia dan bong disimpan di kantong celana," ucap Jaksa.

Sekitar pukul 3 sore, Polres Jakarta Pusat melakukan penangkapan terhadap Zen di depan rumah di Pondok Pinang, dengan barang bukti 1 plastik berisi kristal putih narkotika jenis sabu.

"Bahwa setelah diinterogasi, Zen menyampaikan bahwa 1 plastik tersebut adalah milik Nia yang merupakan sisa pakai," kata Jaksa.

Pada pukul 15.15 WIB polisi melakukan penangkapan terhadap aktris pemeran Bawang Merah itu di rumah di Pondok Pinang, Kebayoran Lama. Pada saat penangkapan dilakukan juga penggeledahan dan berhasil diamankan seperangkat alat isap sabu yang berada di laci kamar. Zen dan Nia beserta alat bukti kemudian dibawa ke Markas Polres Jakarta Pusat.

Sekitar pukul 19.45 WIB, suami Nia sekaligus anak dari konglomerat Abu Rizal Bakrie, Ardi Bakrie menyerahkan diri ke Markas Polres Jakarta Pusat. Selama pemeriksaan, polisi mengonfirmasi kristal putih dalam satu plastik yang ditemukan saat penggeledahan dan penangkapan terhadap Zen dan Nia merupakan sabu dengan berat 0,553 gram.

"Atas perbuatannya itu ketiga terdakwa didakwa telah melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP," tandasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Sidang Kasus Narkoba Nia Ramadhani Dilanjutkan Kamis 9 Desember 2021
Jalani Sidang Perdana Kasus Narkoba, Penampilan Nia Ramadhani Jadi Sorotan
JPU Hadirkan Tiga Saksi di Sidang Kasus Narkoba Nia Ramadhani
Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Jalani Sidang Perdana Kasus Narkoba di PN Pusat
Kejari Jakpus Segera Susun Dakwaan Kasus Narkoba Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie
Berkas Lengkap, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Segera Jalani Persidangan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami