Sidang putusan sela, Majelis Hakim tolak eksepsi 12 Kopassus

Sidang putusan sela, Majelis Hakim tolak eksepsi 12 Kopassus
Sidang kasus Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com/parwito
PERISTIWA | 28 Juni 2013 11:58 Reporter : Parwito

Merdeka.com - Sidang putusan sela kasus penyerangan Lapas Kelas IIB Cebongan, Sleman dengan terdakwa 12 prajurit Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan digelar di Pengadilan Militer II-11 Bantul, Yogyakarta. Putusan sela dibacakan oleh Hakim, Letkol Joko Sismito dengan tiga terdakwa, Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto, dan Koptu Kodik. Joko menegaskan tiga hal dalam putusan sela ini.

"Setelah menimbang, mencermati, dan mempelajari dari dua sudut pandang yang berbeda, kami majelis hakim memutuskan tiga hal," kata Joko Sasmito, Jumat (28/6).

Joko menyatakan ketiga hal putusan itu adalah; pertama, menolak eksepsi atau nota keberatan yang disampaikan penasehat hukum terdakwa. Kedua mengenai surat dakwaan yang disampaikan Oditurat Militer sudah sah.

"Dan ketiga, sidang dapat dilanjutkan dengan menghadirkan saksi. Pemeriksaan saksi dalam persidangan berikutnya dilakukan pada Selasa, 2 Juli 2013. Ada 5 saksi yang harus dihadirkan dalam persidangan. 3 orang bersaksi dalam sidang pertama, sedangkan 2 saksi lain dalam sidang kedua," ungkapnya.

Joko mengakui ada beberapa kesulitan dan kendala terkait jalannya persidangan ini, yaitu satu Majelis Hakim menangani dua perkara dengan empat kali sidang.

"Dalam berkas pertama dengan terdakwa Serda Ucok dan dua rekannya ada 50 orang saksi. Kami berharap agar Otmil bisa menghadirkan ke-5 saksi dalam sidang selanjutnya," ungkapnya.

Oditurat Militer yang dipimpin oleh Letkol Budiharto, dalam tanggapannya saat sidang berjanji akan menghadirkan saksi. Ke-5 saksi itu salah satunya mantan Kepala Lapas Klas IIB Cebongan, Sukamto.

"Siap, kami akan menghadirkan para saksi pada persidangan berikutnya," kata Budiharto.

Kemudian sidang di ruang kedua dengan terdakwa Serma Rokhmadi, Serma Mohammad Zaenuri, dan Serma Sutar. Ketua Majelis Hakim yang dipimpin Kadinmil, Letkol Faridah Faisal menutup sidang dalam waktu yang hampir bersamaan.

Sementara, jalannya sidang dengan terdakwa Sertu Tri juanto, Sertu Anjar Rahmanto, Sertu Martinus Roberto Paulus, Sertu Suprapto, dan sertu Imam Siswoyo dimulai sekira pukul 10.30 WIB. Sidang sampai saat ini, masih berlangsung dipimpin Majelis Hakim, Letkol Joko Sasmito.

Sidang di ruang lainnya dengan terdakwa Serda Ihmawan Suprapto. Sidang ini dipimpin langsung oleh Letkol Faridah Faisal.

\r\n\r\n (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami