Sikapi Konflik Sentul City dengan Warga, DPR Bentuk Pansus Mafia Tanah

Sikapi Konflik Sentul City dengan Warga, DPR Bentuk Pansus Mafia Tanah
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 17 Maret 2022 16:29 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Komisi III DPR RI menggelar kunjungan spesifik ke Desa Bojong Koneng dan Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/3). Kehadiran Komisi III untuk mendengar aspirasi masyarakat yang berkonflik dengan Sentul City terkait masalah pertanahan.

Rombongan Komisi III dipimpin Wakil Ketua Komisi III F-Golkar Adies Kadir. Hadir sejumlah Anggota Komisi III antara lain; Sarifudin Suding, Supriansa, Taufik Basari, Andi Rio Idris Pandjalangi dan sejumlah Anggota Komisi III DPR lainnya.

"Kami menindaklanjuti hasil rapat komisi III dengan warga Bojong Koneng dan Cijayanti, sebagai bentuk hasil rapat tersebut kami ingin langsung hadir di tengah masyarakat mendengar dan melihat langsung apakah yang disampaikan masyarakat itu benar adanya. Kami sudah mendengar langsung, kami melihat banyak sekali data-data serta masukkan yang kami dapat," kata Adies dikutip dari siaran pers, Kamis (17/3).

Adies mengatakan, masyarakat merasa miris di era reformasi masih ada cara premanisme berkembang di suatu daerah.

"Kemudian hak-hak mereka untuk memiliki tanah yang sudah ditempati selama puluhan bahkan ratusan tahun itu juga tidak bisa difungsikan oleh keluarga mereka, bahkan ada intimidasi," ujar poltikus Golkar ini.

Komisi III akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dengan menginisiasi pembentukan panitia khusus (Pansus) mafia tanah.

"Dari sembilan fraksi yang hadir, hampir semua tadi yang berkesimpulan bahwa kami akan membentuk Pansus Mafia Tanah," jelas Adies.

2 dari 2 halaman

Komisi III juga akan berkomunikasi dengan Komisi II yang memang membidangi masalah pertanahan untuk membentuk pansus ini.

"Kita akan bekerja sama dengan Komisi II," ungkap Adies.

Lebih lanjut, Adies menyampaikan pansus tak hanya fokus pada permasalahan sengketa tanah di Bojong Koneng dan Cijayanti. Permasalahan serupa juga dinilai terjadi di wilayah lainnya di Indonesia.

"Ini adalah role model, Bojong Koneng dan Cijayanti menjadi role model untuk kasus tanah di seluruh Indonesia. Kita akan mulai dari sini. Kami akan memulai dari sini. Dan semua Fraksi hampir menyetujui," tandas Adies. (mdk/ray)

Baca juga:
VIDEO: Kasad Dudung Sebut Brigjen Junior Lakukan Kegiatan di Luar Tugas Pokoknya
VIDEO: Brigjen Junior Tulis Surat untuk Kasad Dudung, Ini Isinya
VIDEO: Amarah Brigjen TNI Junior Tumilaar Bela Korban Penggusuran di Bojong Koneng
VIDEO: Hadir di DPR, Brigjen Junior Bicara Keras Soal Penggusuran Bojong Koneng
Rocky Gerung dan Sentul City Damai, Konsep Green Living jadi Jalan Tengah

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami