Silaturahmi dengan Mantan Teroris, Kepala BNPT Pesan Jaga Perdamaian dan Kerukunan

Silaturahmi dengan Mantan Teroris, Kepala BNPT Pesan Jaga Perdamaian dan Kerukunan
PERISTIWA | 29 Mei 2020 21:17 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Para mantan narapidana kasus terorisme (napiter) diharapkan bisa menjadi pelopor untuk menciptakan kerukunan, persatuan dan perdamaian di daerahnya masing-masing. Mereka kini menjadi mitra binaan Subdit Bina Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Tentunya kami berharap bapakā€“ibu, ikhwan-akhwat, ustaz-ustazah semua sebagai mitra BNPT punya peran penting di daerahnya masing-masing dalam menciptakan sebuah perdamaian dan kerukunan, demi terciptanya persatuan bagi bangsa Indonesia ini," ujar Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar.

Hal ini dikatakan Boy dalam silaturahmi dan halal bihalal bersama para mantan napiter dan kombatan (Mitra) melalui video conference, Jumat (29/5). Para mantan napiter yang turut serta, yaitu Ali Fauzi Manzi, Kurnia Widodo, Sofyan Tsauri, Yudi Zulfahrie, Khairul Ghazali dan sebagainya.

Untuk itu dirinya sangat mengapresiasi para mitra BNPT yang sudah berinisiatif membentuk Yayasan, sebagai sarana untuk pengaktualisasi diri, dengan harapan terciptanya sebuah lingkungan baru yang lebih positif dan mengembangkan potensi diri.

Alumni Akpol tahun 1988 ini juga meminta para mitra agar tetap tulus melakukan kewajibannya sebagai warga negara untuk melakukan bela negara. Menurutnya, kita semua harus mencintai negara ini, karena negara ini dilahirkan dengan pondasi konstitusi berdasarkan Pancasila yang diinisiasi oleh ulama-ulama besar.

"Jadi bukan kelompok nasionalis saja yang menjadikan bangsa ini, tetapi juga keterlibatan para ulama-ulama besar. Kita bersyukur dengan kemajemukan kita bisa hidup berdampingan secara damai. Karena sampai hari ini harus disyukuri bahwa Indonesia masih tetap bersatu dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tentunya ini adalah sesuatu hal yang luar biasa," jelasnya.

Mantan Kapolda Banten ini berharap mitra di daerah bisa dalam satu wadah bersama untuk mewujudkan visi-misi BNPT dalam membangun Indonesia maju, aman, damai, adil dan sejahtera. Setelah FKPT dan Yayasan ini bisa bersinergi untuk selanjutnya bisa disambungkan dengan Kepala Daerah setempat.

"Ini agar Kepala Daerah di masing masing yakni Gubernur, Bupati dan Wali Kota mengetahui bahwa ada mitra-mitra BNPT yang ada di daerah. Sehingga ini bisa menjadi kekuatan masyarakat dan yayasan yang ada di daerah dalam rangka membangun lingkungan yang kuat, damai bersatu dan sejahtera," tandasnya. (mdk/did)

Baca juga:
Hari Ini, Kepala BNPT Boy Rafli Amar Naik Pangkat Jadi Komjen
Kepala BNPT Bertemu Pimpinan LPSK Bahas Perlindungan Korban Terorisme
Boy Rafli Ingin Tingkatkan Kerja Sama Dalam & Luar Negeri Cegah Aksi Terorisme
Pesan Jokowi ke Boy Rafli: Lakukan Peningkatan & Perluasan Upaya Deradikalisasi
Rekam Jejak Boy Rafli Amar, Putra Minang Jabat Kepala BNPT
Presiden Jokowi Lantik Boy Rafli Amar Sebagai Kepala BNPT

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5