Sisa Longsor Dibersihkan, Jalan Medan-Berastagi Ditutup Sementara Besok

Sisa Longsor Dibersihkan, Jalan Medan-Berastagi Ditutup Sementara Besok
Longsor di Deli Serdang. Antara
NEWS | 26 Oktober 2021 19:43 Reporter : Uga Andriansyah

Merdeka.com - Ruas jalan dari Kota Medan menuju Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) dan sebaliknya akan ditutup sementara pada Rabu (27/10) besok mulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB. Penutupan ini dilakukan untuk membersihkan sisa material longsoran di Tikungan Tirtanadi, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, proses pembersihan itu menggunakan alat berat serta melibatkan berbagai pihak, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang, Satlantas Polrestabes Medan, Balai Jalan Nasional, dan TNI.

"Masih terus bekerja untuk membersihkan sisa-sisa longsoran. Kalau tidak dibersihkan akan membahayakan pengguna jalan," kata Hadi, Selasa (26/10).

Masyarakat diimbau untuk tidak melalui ruas jalan utama dari Medan ke Kabupaten Karo itu saat penutupan sementara. "Untuk memperlancar dan mempercepat proses pengerjaan serta pembersihan sisa-sisa longsoran ini," ujar Hadi.

Saat ini Polda Sumut telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan pemetaan terhadap titik-titik rawan longsor, terutama di kawasan objek wisata Tanah Karo. "Kemudian, pemerintah daerah akan mengevaluasi rawan-rawan longsor tersebut," pungkas Hadi.

Sebelumnya, bencana alam tanah longsor terjadi di Jalan Jamin Ginting, Kilometer 36, Tikungan Tirtanadi, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (23/10) sekitar pukul 19.30 WIB. Peristiwa itu mengakibatkan tiga orang meninggal dunia (sebelumnya disebutkan empat orang) dan dua lainnya luka-luka. Seluruh korban jiwa dan luka itu merupakan penumpang satu unit mobil jenis Daihatsu Xenia. Mobil itu ringsek akibat tertimpa material longsor. (mdk/yan)

Baca juga:
Longsor di Deli Serdang Timpa Mobil, Empat Orang Meninggal
Penumpang Mobil Meninggal Tertimpa Longsor Deli Serdang Ternyata 3 Orang, 2 Luka-Luka
Longsor Bekas Galian Tambang Kukar, Satu Pekerja Tewas dan Satu Orang dalam Pencarian
Cuaca Hari Ini Bandung, Waspada Musim Penghujan dengan Langkah Pencegahan Bencana
Tanah Longsor Menewaskan Satu Korban Jiwa di Banjarnegara
Warga Tangerang Selatan Diminta Waspadai Banjir dan Longsor

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami