Sistem Kelas Dihapus, BPJS Nantinya Cuma Melayani Kebutuhan Dasar Kesehatan

Sistem Kelas Dihapus, BPJS Nantinya Cuma Melayani Kebutuhan Dasar Kesehatan
PERISTIWA | 12 Juni 2020 16:04 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan telah menyelesaikan draf paket manfaat sesuai kebutuhan dasar kesehatan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, hal ini demi mengoptimalkan manfaat Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat.

"Ini tidak bertujuan untuk menurunkan manfaat yang diterima masyarakat, namun mengoptimalkan asas manfaat dari JKN dengan mengurangi manfaat yang bersifat unnecessary treatment," ujar Menkes Terawan saat rapat bersama dengan DPR, Kamis (11/6).

Terawan mengatakan, hal ini jadi solusi memperbaiki tata kelola sistem Jaminan Kesehatan Nasional. Sesuai dengan amanat UU No.40 Tahun 2004 tentang Jaminan Sosial Nasional pasal 19, pasal 22 ayat 1 dan pasal 23 ayat 4.

Kelas peserta BPJS Kesehatan akan dihapus dan disamakan sesuai standar kesehatan.

"Maka kementerian kesehatan sudah melakukan progres perbaikan tata kelola sistem pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dasar kesehatan. Ini sesuai rapat kami dengan Menkeu diharapkan akhir kuartal II bisa diwujudkan," ujar Terawan.

Penyusunan paket manfaat sesuai kebutuhan dasar kesehatan ini mempertimbangkan ketersediaan Dana Jaminan Sosial yang dikelola BPJS Kesehatan.

"Dalam menyusun paket manfaat akan mempertimbangkan ketersediaan dana jaminan sosial yang dikelola BPJS kesehatan," kata Terawan.

Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Tubagus Achmad Choesni mengatakan, akan ada beberapa dampak penerapan kelas standar. Bakal ada kesetaraan dalam penerimaan pelayanan, penyederhanaan proses administrasi dan klaim, mengurangi potensi fraud klaim, mengoptimalkan koordinasi pelayanan kesehatan.

"Diterapkan secara bertahap paling lambat tahun 2022," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Anggota Komisi IX Rahmad Handoyo...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami