Siswi Paralayang di Bogor Tersangkut di Pohon Saat Hendak Mendarat

Siswi Paralayang di Bogor Tersangkut di Pohon Saat Hendak Mendarat
Siswi paralayang di Bogor tersangkut pohon. ©2021 Merdeka.com/Rasyid Ali
NEWS | 26 November 2021 03:26 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Seorang siswi paralayang, tersangkut di pohon saat hendak mendarat dari Paralayang Bukit Gantole Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (25/11).

Siswi bernama Ayu itu, sedang berlatih dan sekitar pukul 10.00 WIB dia tersangkut di pepohonan hingga pukul 12.00 WIB, sebelum akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamat.

Beruntung, dalam kejadian itu, Ayu dalam kondisi baik, meski tersangkut bergelantung di pohon hingga dua jam.

Salah seorang saksi mata, Yusuf mengaku melihat ada peserta latih paralayang hendak mendarat. Namun, saat mendekati titik landing justru tersangkut di satu pohon yang berada di area kebun teh Gunung Mas.

"Sempat teriak minta tolong, sampai akhirnya petugas dari Paralayang Bukit Gantole Puncak datang ke lokasi," jelas Yusuf.

Peristiwa itu diduga murni karena faktor cuaca. Menurut koordinator landing Gunung Mas, Saeful menjelaskan, Ayu terhempas angin kencang secara tiba-tiba saat hendak mendarat.

siswi paralayang di bogor tersangkut pohon
evakuasi siswi paralayang tersangkut pohon. ©2021 Merdeka.com/Rasyid Ali

Hal itu diketahui, saat Saeful berkomunikasi melalui radio komunikasi dengan penerbang. Dia pun sempat mengarahkan penerbang untuk berbelok ke kanan karena angin jelek.

"Tapi saya sudah suruh belok kanan karena angin sedang jelek, angin agak besar dari kanan, kemungkinan susah belok, karena kalau paralayang ini kalau mau masuk ke landing itu tergantung anginnya dia mungkin kebawa angin beloknya enggak cepat, jadi agak lambat tadi saya sudah teriak-teriak dari radio tahan kanan," katanya.

Sementara Instruktur Paralayang, Gendon menjelaskan, saat akan memasuki titik landing ada angin yang sedikit berbeda arah. Sehingga, ketika penerbang hendak mengambil posisi mendarat, akhirnya harus berubah dari seperti biasanya.

"Kaget karena ada angin yang tidak seperti biasanya, jadi penerbang dalam posisi yang salah. Safety itu sudah harus diutamakan, ini karena faktor cuaca saja," kata Gendon.

Ayu mengaku syok dengan kejadian tersebut, dirinya masih bingung. "Saya masih bingung, kok angin tiba-tiba berubah arah saat mau titik landing," ucapnya

Padahal, Ayu sendiri tercatat sebagai penerbang paralayang ini sudah hampir 70 kali terbang. "Saya tuh sudah puluhan kali terbang di mana-mana, tapi memang kali ini agak berbeda anginnya," kata Ayu. (mdk/bal)

Baca juga:
Melayang di Atas Bali, Beginilah Keseruan Paragliding Pantai Pandawa
Mengunjungi Museum Layang-Layang yang Dibuka Kembali
Pacu Adrenalin Menjajal Serunya Paragliding Pantai Pandawa Bali
Serunya Lomba Terbangkan Layang-layang Raksasa di Bali
Kru Paralayang di Yogyakarta Tewas Usai Terjatuh dari Ketinggian 150 Meter
Meninggalnya atlet paralayang Ardi Kurniawan buat kiper Arema FC berduka

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami